Utang Sebagai Cara Mengatur Keuangan | Finmas - Sahabat Finansial Indonesia
Utang Sebagai Cara Mengatur Keuangan

Utang Sebagai Cara Mengatur Keuangan

27/11/2019
@kumparanBISNIS

Summary:

  1. Utang sebenarnya dapat menjadi hal positif jika digunakan untuk hal yang bermanfaat.
  2. Utang dapat dijadikan strategi untuk mengembangkan kondisi keuangan ke arah yang lebih baik.
  3. Utang dapat menjadi alat penyelamat jika digunakan dalam situasi darurat atau digunakan untuk kegiatan yang produktif.

Meminjam uang untuk memenuhi sejumlah kebutuhan yang tidak penting memang bukan hal tepat. Selain menambah beban finansial, melakukan peminjaman uang juga akan membuat Anda terbebani oleh pikiran cara melunasinya.

Meski begitu, dalam kondisi tertentu tertentu, utang bisa menjadi penyelamat finansial Anda. Bagi beberapa orang, hal ini mungkin terdengar aneh. Tetapi pada dasarnya, utang memang bisa digunakan sebagai salah satu cara mengatur keuangan.

Utang dapat dijadikan strategi untuk mengembangkan kondisi keuangan agar menjadi lebih baik. Kondisi ini masuk akal jika Anda memanfaatkan pinjaman untuk menghadapi berbagai keadaan mendesak seperti berikut ini.

  1. Renovasi Rumah yang Rusak

 

Dompet tipis bukan alasan untuk menunda proses renovasi rumah, terlebih jika kondisi hunian Anda memang sudah tak layak dan berbahaya untuk ditinggali. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah meminjam uang.

Buang stigma negatif tentang berutang. Sebab selama angka yang hendak Anda pinjam masih terhitung realistis dan yakin bahwa Anda sanggup melunasinya, sah-sah saja meminjam uang untuk menutup biaya renovasi atau menyelamatkan kondisi keuangan Anda.

  1. Membayar Biaya Pendidikan yang Membengkak

 

Biaya sekolah semakin lama semakin tinggi. Itulah alasan mengapa kini ada banyak layanan pinjaman uang untuk biaya pendidikan. Berutang demi pendidikan adalah cara bijak dan bermanfaat untuk menyelamatkan kondisi keuangan.

Berutang untuk dana pendidikan termasuk dalam utang yang baik. Dengan semakin banyak keterampilan yang dimiliki, maka akan semakin besar juga potensi penghasilan yang bisa Anda dapatkan nanti.

 

  1. Melunasi Biaya Rumah Sakit

 

Ketika sakit melanda sementara dana cadangan tak cukup untuk berobat, mau tidak mau, utang pun harus dilakukan. Kebutuhan darurat seperti ini tidak dapat ditunda lagi.

Seandainya hanya mengandalkan tabungan serta dana cadangan, maka biaya yang dikeluarkan bisa lebih besar lagi. Berutang, terlebih dengan rencana pelunasan yang tepat, dapat membantu kita melewati kondisi ini dengan mulus.

  1. Digunakan Untuk Kegiatan yang Positif

 

Selain dalam situasi krisis, utang juga bisa menjadi cara terbaik mengatur keuangan tetap stabil asalkan digunakan untuk sesuatu yang produktif. Contohnya, berutang untuk membangun usaha. Jika modal yang dimiliki untuk membangun usaha idaman tidak cukup, utang dapat jadi pilihan untuk mewujudkan usaha Anda.

Berutang untuk membangun usaha bukanlah hal yang negatif. Dengan modal usaha dari utang yang diambil, bisnis Anda dapat berjalan lancar. Anda pun bisa membayar utang dari keuntungan yang Anda dapatkan.

Berutang adalah cara agar kita tidak menguras tabungan darurat kita, sehingga kita bisa mengatur keuangan dengan lebih baik.

PERHATIAN