Pentingnya Mengembalikan Pinjaman Tepat Waktu | Finmas - Sahabat Finansial Indonesia
Pentingnya Mengembalikan Pinjaman Tepat Waktu

Pentingnya Mengembalikan Pinjaman Tepat Waktu

28/11/2019
kumparanBISNIS

Summary:

  • Memiliki pinjaman adalah hal yang wajar. Kebutuhan mendesak bisa terjadi kepada siapa saja dan kapan saja.
  • Perlu diperhatikan cara mengelola pinjaman secara bijak agar utang tidak membelenggu Anda.
  • Anda bisa memilih penyedia pinjaman yang memiliki tenor masuk akal seperti Finmas.

Memiliki pinjaman adalah hal yang wajar. Pasalnya, sewaktu-waktu bisa saja muncul kebutuhan mendadak atau hal yang tak diduga, sehingga mau tak mau kita harus melakukan pinjaman.

Pinjaman bisa menjadi hal positif apabila dikelola secara bijak. Salah satu cara mengelola pinjaman agar tidak mengganggu kondisi finansial Anda adalah dengan membayarnya tepat waktu.

Mengembalikan pinjaman sesuai tenggat tentunya memberikan keuntungan. Anda akan terbebas dari biaya penalti atau bunga yang lebih besar dari penyedia pinjaman. Anda tidak ingin, bukan, pinjaman Anda malah menjadi beban yang membelenggu karena bunga yang terus membengkak?

Selain itu, pengembalian pinjaman tepat waktu juga akan membantu skor kredit Anda positif sehingga, jika Anda ingin mengajukan pinjaman di waktu yang akan datang, pinjaman Anda akan lebih cepat disetujui oleh lembaga penyedia pinjaman yang telah Anda gunakan sebelumnya.

Jika Anda meminjam pada teman atau orang yang dikenal, walaupun tanpa diberikan bunga, mengembalikan pinjaman tepat waktu akan menunjukkan sikap bahwa Anda menghargai dan berterima kasih atas bantuannya.

Karenanya, selalu ingat untuk membayar pinjaman Anda, baik itu dalam bentuk cicilan ataupun pengembalian secara penuh. Berapapun jumlah pinjamannya, jangan sampai lupa atau menyepelekan pengembalian pinjaman tepat waktu.

Jika Anda sering terlupa mengenai tenggat waktu pengembalian pinjaman, cobalah membuat notes di smartphone atau bahkan reminder di kalender ponsel pintar Anda, untuk membantu mengingatkan tenggat pinjaman. Anda juga bisa meminta teman atau keluarga untuk mengingatkan.

Kemudian, aturlah keuangan Anda dengan baik sehingga Anda bisa membayar pinjaman pada waktunya. Anda bisa menyiasatinya dengan menyisihkan uang khusus untuk melunasi pinjaman setiap ada pemasukan, termasuk gaji bulanan.

Anda juga bisa memilih lembaga penyedia pinjaman yang menawarkan tenor atau masa waktu pengembalian yang terjangkau dan masuk akal. Finmas, misalnya. Fintech  P2P lending tersebut saat ini menawarkan pinjaman FinFast dengan jumlah pinjaman 200-500 ribu rupiah dan tenor 20 Hari, serta FinCash dengan jumlah pinjaman Rp. 1 juta rupiah dan tenor 30 hari; jangka waktu yang cukup wajar untuk dapat mengembalikan pinjaman sesuai tenggat.

Bagaimana, apakah Anda sudah mengembalikan pinjaman tepat waktu? Jangan lupa untuk melunasi pinjaman tersebut, karena bagaimanapun utang adalah kewajiban yang harus ditunaikan.

PERHATIAN