Meminjam Uang untuk Modal Usaha, Bijakkah? | Finmas - Sahabat Finansial Indonesia
Meminjam Uang untuk Modal Usaha, Bijakkah?

Meminjam Uang untuk Modal Usaha, Bijakkah?

27/11/2019
@kumparanBISNIS

Summary:

  1. Ada beberapa cara untuk mendapatkan modal usaha, salah satunya adalah meminjam uang. 
  2. Kecil atau besarnya usaha yang hendak dibangun, modal tetap menjadi instrumen terpenting.
  3. Meminjam uang untuk modal usaha sejatinya merupakan cara yang masuk akal. Namun, ada tiga hal yang harus diperhatikan.

 

Mendirikan usaha membutuhkan modal. Kecil atau besarnya usaha yang hendak dibangun, modal tetap menjadi instrumen terpenting. Bahkan untuk mengembangkan platform digital pun, Anda tetap membutuhkan modal. Hanya saja, nominal modalnya tentu akan berbeda. Tergantung dari konsep usaha yang Anda buat. Lalu bagaimana cara mengumpulkan modal untuk usaha?

Menabung adalah cara yang masuk akal, namun tidak semua orang mampu menabung dalam jumlah yang cukup besar untuk memiliki modal usaha tanpa mengganggu tabungan darurat keluarga. Ada beberapa cara untuk mendapatkan modal usaha, salah satunya dengan meminjam uang. Tetapi apakah meminjam uang hal yang bijak?

Meminjam uang untuk modal usaha sejatinya merupakan cara yang masuk akal. Namun, ada tiga hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman uang untuk tujuan ini.

 

  1. Menghitung Prediksi Pendapatan dan Kemampuan Membayar

 

Jangan sekadar asal meminjam dana semaksimal mungkin. Sebelum meminjam uang untuk modal usaha, ada baiknya membuat perencanaan bisnis sederhana untuk menghitung prediksi pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya.

Dengan cara ini Anda dapat mengetahui secara pasti modal yang dibutuhkan serta kemampuan untuk mengembalikan pinjaman dari omzet usaha Anda.

 

  1. Atur Modal dengan Baik Agar Pengeluaran Modal Tidak Berlebihan

 

Walaupun tidak ada standar ataupun cara yang pasti untuk mengelola atau mengalokasikan modal dalam sebuah usaha, modal tersebut harus dapat dikelola secara efektif dan efisien agar dapat memenuhi target usaha Anda.

Ada berbagai macam cara yang dapat Anda terapkan untuk mengelola modal: membuat catatan pembukuan keuangan, memonitor dan mengontrol cash flow, atau berkonsultasi dengan orang yang sudah berpengalan untuk memudahkan Anda dalam mengelola modal supaya tidak menggunakannya secara berlebihan.

  1. Perhatikan Tanggal Jatuh Tempo Utang dan Bayar Utang Tepat Waktu

 

Pada saat pengajuan pinjam uang, pastikan Anda mencatat atau mengingat tanggal jatuh tempo. Bayarlah utang tepat waktu alias sebelum tanggal jatuh tempo tersebut. Terlambat membayar angsuran bisa menimbulkan banyak kerugian — salah satunya biaya bunga yang semakin menumpuk. Itulah sebabnya pembayaran pinjaman harus tepat waktu dan sebaiknya tidak ditunda-tunda meski sehari saja.

Terlepas dari dampak membayar pinjaman, pembayaran tepat waktu juga ataupun pembayaran sebelum jatuh tempo akan memberi Anda banyak manfaat, di antaranya: mempermudah proses pengajuan pinjaman modal berikutnya, bebas ancaman denda, dan terhindar dari penagih utang atau debt collector.

 

Meminjam uang untuk modal usaha sejatinya hal yang wajar dilakukan di dunia bisnis. Asalkan Anda #PilihPakeYakin sumber pinjaman dana terpercaya yang dapat membantu Anda mendirikan bisnis dengan baik.

PERHATIAN