Fintech dan Perannya Mengedukasi Masyarakat Tentang Finansial | Finmas - Sahabat Finansial Indonesia
Fintech dan Perannya Mengedukasi Masyarakat Tentang Finansial

Fintech dan Perannya Mengedukasi Masyarakat Tentang Finansial

27/11/2019
kumparanaBISNIS

Summary:

  1. Di Indonesia terdapat berbagai jenis fintech yang menawarkan beragam jasa keuangan.
  2. Fintech menawarkan kemudahan baik dari segi akses, pendaftaran, hingga penggunaan.
  3. Fintech juga memiliki tanggung jawab sosial untuk mengedukasi masyarakat mengenai pengetahuan finansial.

Financial technology (fintech) semakin berkembang dan menjamur di Indonesia. Hingga Januari 2019, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat setidaknya ada 99 fintech Peer to Peer (P2P) Lending yang terdaftar dan berizin, yang mampu menyalurkan pinjaman sampai Rp 25,92 triliun — meningkat 14,36 persen (year-over-year).

Tidak hanya P2P Lending, di Indonesia juga terdapat berbagia jenis fintech yang menawarkan beragam jasa keuangan dengan tujuan mempermudah hidup para penggunanya, sambil menjalankan bisnis untuk mendapatkan keuntungan.

Maraknya fintech di Indonesia sontak membuat masyarakat ‘kaget’ dan perlahan mulai menggunakan teknologi ini. Bukan tanpa alasan, selayaknya kemajuan teknologi lainnya, fintech menawarkan kemudahan baik dari segi akses, pendaftaran, hingga penggunaan.

Fintech memang menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Tapi di balik itu semua, fintech juga memiliki tanggung jawab sosial untuk mengedukasi masyarakat mengenai pengetahuan finansial. Mengapa?

Memasuki era serba teknologi masyarakat diajak untuk beradaptasi dengan kemajuan yang ada, termasuk dalam hal finansial. Edukasi finansial sangat penting agar masyarakat dapat memahami dan menggunakan berbagai produk yang ditawarkan oleh fintech.

Dari data yang didapatkan oleh OJK, baru 31 persen penduduk Indonesia yang melek akan hal keuangan. Melihat kenyataan tersebut, lewat edukasi yang diberikan para pelaku fintech, masyarakat akan mengetahui untung-rugi sebuah produk fintech, sehingga bisa menggunakannya dengan bijak dan bertanggung jawab.

Oleh karena itu, fintech memiliki peran yang cukup besar untuk membuat edukasi finansial di Indonesia semakin baik, agar kesadaran masyarakat akan produk yang digunakannya juga semakin tinggi.

Fintech yang baik tidak hanya mencari untung, tetapi juga yang memberi manfaat bagi masyarakat. #PilihPakeYakin produk fintech yang benar-benar membantu Anda memahami produk finansial yang tepat untuk Anda.

PERHATIAN