Bangun Bisnis Tidak Selalu Perlu Modal Besar | Finmas - Sahabat Finansial Indonesia
Bangun Bisnis Tidak Selalu Perlu Modal Besar

Bangun Bisnis Tidak Selalu Perlu Modal Besar

05/12/2019

Jakarta - Mungkin hampir semua orang memimpikan menjadi seorang pebisnis besar dan sukses. Tapi tahukah Anda bahwa hanya sebagian kecil yang benar-benar menggapai mimpi tersebut.

Alasan yang paling sering Anda dengar tergolong sederhana yaitu merintis dan mengelola usaha sendiri tidak semudah yang dibayangkan.

Selain itu memang hal yang paling mendasar dalam memulai bisnis adalah modal. Meski begitu, tak semua bisnis yang kini meraih kesuksesan hingga sampai memiliki banyak aset dengan modal yang besar. Dengan modal yang terbatas pun, Anda bisa memulai bisnis kecil-kecilan.

Memang bukan hal yang asing memulai usaha dengan modal kecil. Karena sudah banyak orang yang sukses mengembangkan bisnisnya hanya dengan modal awal ratusan ribu saja.

Namun, yang menjadi kendala adalah membangun mental yang kuat dan semangat membuka usaha di awal. Tak cuma itu, semangat tersebut juga harus diimbangi dengan perencanaan usaha yang matang.

Tapi Anda tidak perlu takut untuk mencoba merintis usaha sendiri meskipun dengan modal kecil. Paling penting, dalam menjalankannya harus serius dan jangan hanya bermodalkan nekat saja.

Untuk memulai bisnis, beberapa jenis usaha mulai dari ratusan ribu hingga Rp 2 juta juga bisa menguntungkan. Asalkan modal terbatas tersebut harus dikelola dengan maksimal, sehingga keuntungan yang didapat bisa diputar kembali menjadi modal berikutnya dengan kuantitas yang lebih besar.

Misalnya, jenis usaha yang tak perlu modal besar seperti jasa catering rumahan. Selain menguntungkan, membuka usaha catering sendiri tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Hal ini menepis anggapan banyak orang bahwa membuka usaha catering memerlukan modal yang besar. Meskipun jika Anda lihat jasa catering yang melayani pesta pernikahan, pasti sudah banyak karyawannya.

Bagaimanapun juga mereka tetap merintis usaha catering tersebut dari bawah. Dari melayani pesanan catering puluhan orang hingga mendapat kepercayaan untuk melayani catering untuk ratusan orang. Sementara untuk melayani catering pesanan puluhan orang tidak membutuhkan modal jutaan. Mulai dari jasa catering karyawan, catering makanan sehat, catering makanan anak, atau catering acara khusus.

Selain usaha catering, masih banyak jenis usaha lainnya yang bisa dirintis dari modal kecil. Seperti berjualan minuman dan makanan ringan, membuat kerajinan, parcel wisuda ataupun menjual kaos murah.

Jika memang sangat kesulitan untuk modal untuk modal terbatas tersebut, saat ini layanan keuangan berbasis online bernama financial technology (fintech), bisa menjadi pilihan. Melalui fintech ini, Anda dapat memenuhi kebutuhan layanan finansial yang mudah dan cepat, salah satunya melalui Finmas.

Sehingga, kini Anda tidak perlu bingung untuk mendapatkan modal usaha, karena lewat fintech kamu sudah bisa pinjam uang hingga Rp 2 juta. Dengan jumlah yang terjangkau kamu bisa mendapatkan pinjaman hingga 2 juta dari Finmas. Dengan begitu usahamu dapat #LebihDariIni.

PERHATIAN