7 Tips Jitu Lindungi Data Pribadi dari Hacker | Finmas - Sahabat Finansial Indonesia
7 Tips Jitu Lindungi Data Pribadi dari Hacker

7 Tips Jitu Lindungi Data Pribadi dari Hacker

26/11/2019

Tahukah Anda bahwa semakin banyak menggunakan aplikasi online, semakin banyak juga data pribadi yang kita bagikan? Di zaman yang serba online ini, Anda harus memastikan keamanan data pribadi.

Apalagi kini seluruh kegiatan mulai berbelanja, mencari informasi baru, hingga bersosialisasi dengan teman-teman di media sosial semua ini dapat diakses hanya dalam genggaman. Bahkan pinjam uang juga bisa dilakukan secara online.

Saat berbelanja online atau melakukan pinjaman online, Anda wajib memberikan data-data pribadi untuk memperlancar proses transaksi pada platform tersebut. Namun jangan khawatir, membagikan data pribadi pada platform tersebut bukan hal yang buruk, kok!

Agar data pribadi tetap aman, Anda harus lebih waspada dalam menjaga data-data pribadi seperti melindungi informasi pribadi dari virus, spyware, dan peretas agar tidak mengganggu kehidupan online. Simak 7 tips jitu menjaga informasi pribadi agar tetap aman dan terhindar dari serangan hacker.

Jangan Klik Tautan yang Mencurigakan


Penjahat dunia maya dapat menipu para pengguna agar mengklik tautan yang diduga dari bank, operator telekomunikasi, perusahaan listrik atau gas, layanan pajak dan organisasi sah lainnya. Jika ragu ingin mengklik, lakukan riset kecil sebelum mengklik tautan atau lampiran tersebut. Cari tahu apakah ada kesalahan dalam penulisannya atau email yang tidak sesuai.

Buat Kata Sandi yang Sulit


Gunakan kata sandi yang unik dan kompleks. Misalnya dengan mengombinasikan huruf, angka, dan simbol huruf besar dan kecil. Ingat, jangan gunakan kata sandi yang sama di seluruh akun Anda.

Amankan Identitas


Jangan membagikan kata sandi atau membuat kata sandi yang mudah ditebak. Tips yang bisa dilakukan adalah dengan memastikan untuk mengubah kata sandi secara berkala. Pastikan jadi #KonsumenBijak dengan rajin-rajin mengganti kata sandi untuk kebutuhan keamanan data pribadi Anda.

Backup Data


Antisipasi jika komputer yang Anda gunakan terinfeksi oleh ransomware, malware, atau crashes. satu-satunya cara untuk memastikan bahwa data yang berada didalamnya tidak hilang adalah dengan mencadangkannya secara teratur. Hal ini akan sangat membantu jika Anda salah menyimpan data atau menghapus sesuatu secara tidak sengaja, data tersebut dapat dipulihkan.

Pakai Anti Virus yang Kuat 


Dengan ancaman online yang semakin canggih, tingkat keamanan perlu ditingkatkan. Pilih paket anti virus yang paling terbaru sehingga dapat menangkal virus-virus baru yang datang.

Verifikasi Tiap Situs yang Dibuka 


Sebelum memasukkan detail pembayaran ke situs apapun, periksa apakah URL dimulai dengan “https” karena "s" adalah singkatan dari "secure". Hindari membuka situs tersebut jika memiliki kesalahan ketik dan tidak ada bukti dari informasi keamanan atau simbol yang dikenali.

Apapun yang Ada di Internet Akan Selalu Ada di Internet


Apapun yang Anda unggah secara online,akan selalu ada di luar sana untuk dilihat semua orang. Jadi berhati-hatilah dengan informasi yang akan atau telah Anda bagikan di profil media sosial dan situs manapun yang telah Anda daftar.

Jangan salah langkah lagi beraktivitas di dunia online. Jika Anda ingin mengajukan pinjaman online, pilih fintech P2P lending terpercaya seperti Finmas. Finmas merupakan merek platform dan aplikasi yang diterbitkan oleh PT Oriente Mas Sejahtera sebagai penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi yang resmi terdaftar di OJK (S-56/NB.213/2018).

Kerahasiaan data Anda juga akan terjamin karena Finmas akan menggunakan data Anda hanya untuk keperluan verifikasi sebagai calon pemberi pinjaman atau penerima pinjaman serta untuk keperluan proses permohonan pinjaman.

PERHATIAN