4 Tips Agar Anggaran Tak Jebol di Bulan Ramadhan | Finmas - Sahabat Finansial Indonesia
4 Tips Agar Anggaran Tak Jebol di Bulan Ramadhan

4 Tips Agar Anggaran Tak Jebol di Bulan Ramadhan

28/11/2019
@kumparanMILENIAL

Summary:

  1. Dibutuhkan pengelolaan keuangan yang matang saat memasuki bulan Ramadhan di tanah rantau.
  2. Jangan biarkan kondisi keuangan membuat ibadahmu tidak lancar. Ini siasat yang perlu kamu terapkan!
  3. Hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat jauh dari orang tua di bulan Ramadhan.

Bagi kamu yang baru pertama kali merasakan Ramadhan jauh dari orang tua — karena pekerjaan atau pendidikan — kamu pasti akan merasakan Ramadhan yang berbeda.

Berada di perantauan saat Ramadhan memang banyak hal baru yang akan kamu dapatkan. Selain rutinitas yang harus kamu sesuaikan agar bisa beribadah dengan lebih lancar, kamu juga harus berusaha agar pengeluaran tetap stabil di bulan Ramadhan.

Jika saat masih bersama orang tua, sahur dan buka puasa sudah pasti disediakan di rumah, maka keuanganmu pasti tidak terganggu. Tapi hal itu jadi berubah saat kamu jauh dari orang tua saat bulan Ramadhan. Nah, supaya anggaran keuanganmu tak jebol di bulan Ramadhan ini, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

  1. Tak Perlu Selalu Heboh untuk Buka Puasa

Setelah seharian menahan haus dan lapar, tak jarang orang menjadi lapar mata. Makanan yang dilihatnya, rasanya ingin dibeli semua. Padahal saat berpuasa, perut akan lebih cepat merasa kenyang meski mengonsumsi sedikit makanan.

Hal ini disebabkan proses adaptasi tubuh yang semula rutin mendapatkan makanan, kini harus dibiarkan kosong selama hampir 14 jam hingga waktu berbuka tiba. Jadi daripada mubazir, lebih baik berbukalah dengan makanan seadanya. Hemat dan sehat.

  1. Buka Puasa Bersama? Pilih-pilih, deh!

Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan kebersamaan. Anggapan ini kerap kali diterjemahkan menjadj ajang untuk melakukan reunian dengan teman lama. Berkumpul untuk melakukan buka bersama di restoran atau tempat makan lainnya seolah sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun.

Meski menyenangkan, hal ini justru membuat pengeluaranmu jadi besar apabila sering dilakukan. Harga makanan di restoran tentu akan lebih mahal dibandingkan kamu berbuka puasa di rumah dengan makanan yang sederhana.

Oleh karena itu, mulai pilih-pilih buka bersama mana yang perlu kamu datangi. Tak perlu semuanya harus kamu hadiri kok, apalagi kalau hal itu sampai harus mengorbankan keuangan pribadimu.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan ide untuk buka bersama yang berbeda dengan teman-temanmu. Alih-alih buka di restoran, coba sesekali adakan di rumah saja. Yang penting kebersamaannya, bukan?

  1. Rencanakan Mudik Sejak Jauh Hari

Terpisah jarak membuat kamu gampang dilanda rindu untuk bertemu dan bertatap muka bersama keluarga. Tentu mudik ke kampung halaman bisa menjadi obat kerinduan tersebut. Tapi sayangnya menyiapkan kebutuhan mudik bukanlah perkara yang mudah. Selain biaya yang tidak sedikit, kamu juga harus bisa bersaing mendapatkan tiket transportasi mudik yang terbatas.

Agar bisa bertemu dengan keluarga saat Lebaran tiba, kamu perlu merencanakan mudik sejak jauh hari. Mulai dari menyiapkan dananya hingga berburu tiket kereta, pesawat, atau bus yang harganya pasti lebih murah dibandingkan kamu membelinya di saat mendekati momen arus mudik Lebaran.

  1. Mudik Mendadak? Jangan Sampai Korbankan Dana Darurat!

Mengatur keuangan untuk persiapan mudik Lebaran haruslah dilakukan sejak jauh-jauh hari sebelumnya. Hal ini bertujuan agar kamu terhindar dari 'Mudik Trap'. Namun kenyataannya, masih banyak masyarakat yang menyiapkan mudik dadakan karena kondisi yang membuatnya tak sempat menyiapkan mudik dari jauh hari. 

Bila kamu berada dalam situasi tersebut, jangan sampai mengorbankan tabungan dana darurat untuk kebutuhan mudik. Bagaimanapun, dana darurat tak boleh digunakan untuk hal yang bukan benar-benar darurat.

Salah satu pilihan yang bisa kamu ambil adalah berutang. Walau utang sering dihindari oleh sebagian orang, sebenarnya utang bisa menyelamatkanmu dalam kondisi kritis seperti ini. 

Meminjam uang pada saat keadaan seperti mudik mendadak bisa menjadi keputusan yang bijak alih-alih mengganggu dana darurat yang sudah kamu kumpulkan susah payah. Dengan berutang, kamu bisa membeli tiket mudik dadakan tanpa mengganggu tabungan, dan langsung membayarnya setelah kamu mendapatkan penghasilan di bulan berikutnya.

Yang terpenting, #PilihPakeYakin sumber pinjaman terpercaya yang benar-benar akan membantu kondisi keuanganmu. Dengan begitu, kamu bisa tetap mudik dengan tenang walaupun mendadak.

PERHATIAN