Peresmian Kantor Baru Finmas Maret 2019, Gedung Graha XL Kuningan Jakarta Selatan

Peresmian Kantor Baru Finmas Maret 2019, Gedung Graha XL Kuningan Jakarta Selatan

26/03/2019

PT. Oriente Mas Sejahtera (FINMAS) adalah perusahaan pemberi pinjaman (peer-to-peer) yang terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan. Finmas didirikan oleh orang-orang yang memiliki pengalaman sangat luas dan banyak dalam membangun sebuah perusahaan berbasis digital. Sinarmas yang merupakan salah satu konglomerat paling dihormati di Indonesia bertindak sebagai salah satu mitra strategis Finmas. Para pejabat perusahaan-perusahaan internet revolusioner seperti Skype dan LU.com juga bertindak sebagai penasehat strategis di dalamnya, tujuannya untuk mewujudkan misi dari Finmas yaitu membuka kebebasan finansial dan memberikan kesempatan bagi semua orang Indonesia khususnya yang tidak terjangkau oleh bank.

Pada tanggal 11 Maret 2019, Finmas resmi memperkenalkan kantor barunya yang berlokasi di Gedung Graha XL. Kantor yang berkawasan di mega kuningan ini resmi beroperasi mulai hari ini. Seluruh tim Operasional, Product Tech dan Collection yang semula berada di Plaza Kuningan kini terlihat mulai memadati setiap sudut ruangan di lantai 16 Gedung Graha XL. Beberapa tim yang terdiri dari divisi Sales Offline, Business Development, Legal Risk, Finance, Marketing, Public Relation dan Human Resources juga turut serta meramaikan acara yang diselenggarakan dengan sederhana dan khidmat tersebut.

Pertumbuhan bisnis dan peningkatan pelayanan terhadap customer Finmas menjadi tujuan mengapa managemen melakukan perpindahan kantor. Dengan menggabungkan antar departemen khususnya tim Collection, Operation dan Product Tech dalam 1 ruangan yang sama akan sangat membantu dalam mengkoordinasi pekerjaan mereka menjadi jauh lebih efisien dan produktif. Saat ini ada 2 kantor Finmas yang beroperasi, yaitu Gedung Graha XL dan kantor yang lainnya berada di Gedung Co-Hive Jalan Timor yang terdiri dari beberapa Department yaitu Sales Offline, Business Development, Legal Risk, Finance, Marketing, Public Relation dan Human Resources. 

Acara peresmian ini dibuka oleh Bapak Peter Lydian selaku Presiden Direktur dari Finmas dengan prosesi pemotongan tumpeng. Menyajikan hidangan nasi tumpeng dalam sebuah perayaan ini memiliki makna ucapan syukur yang begitu dalam. Prosesi potong tumpeng melambangkan rasa syukur kepada Tuhan dan sekaligus menunjukan ungkapan atau ajaran hidup mengenai kebersamaan dan kerukunan. Rasa kebersamaan ini diharapkan bisa menjadi motivasi setiap karyawan Finmas dalam bekerjasama dan membentuk tim yang semakin solid.

Dengan kepindahan ini, management juga berharap kantor baru yang terletak di Graha XL akan memberikan suasana kerja yang lebih menyegarkan serta mendukung kinerja seluruh tim khususnya Departemen Collection, Operation dan Product Tech untuk dapat memberikan pelayanan yang semakin baik kepada seluruh customer setia Finmas di seluruh Indonesia. Dan untuk Departemen Sales Offline, Business Development, Legal Risk, Finance, Marketing, Public Relation dan Human Resources juga diharapkan dapat memberikan peningkatan kinerja yang semakin signifikan sehingga seluruh target dapat terselesaikan tepat waktu dan mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin.

PERHATIAN

Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi merupakan kesepakatan perdata antara Pemberi Dana dengan Penerima Dana, sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.

·       Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Dana. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas risiko gagal bayar ini.

·       Penyelenggara dengan persetujuan dari masing-masing Pengguna (Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana) mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola dan/atau menggunakan data pribadi Pengguna ("Pemanfaatan Data") pada atau di dalam benda, perangkat elektronik (termasuk smartphone atau telepon seluler), perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), dokumen elektronik, aplikasi atau sistem elektronik milik Pengguna atau yang dikuasai Pengguna, dengan memberitahukan tujuan, batasan dan mekanisme Pemanfaatan Data tersebut kepada Pengguna yang bersangkutan sebelum memperoleh persetujuan yang dimaksud.

·       Pemberi Dana yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pendanaan, disarankan untuk tidak menggunakan layanan FINMAS ini.

·       Penerima Dana harus mempertimbangkan tingkat bunga Dana dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi Dana.

·       Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial.

·       Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum membuat keputusan menjadi Pemberi Dana atau Penerima Dana.

·       Pemerintah yaitu dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan, tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan oleh Pengguna, baik Pemberi Dana maupun Penerima Dana (baik karena kesengajaan atau kelalaian Pengguna) terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan maupun kesepakatan atau perikatan antara Penyelenggara (dalam hal ini adalah “FINMAS”) dengan Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana.

·       Setiap transaksi dan kegiatan pendanaan atau pelaksanaan kesepakatan mengenai pendanaan antara atau yang melibatkan FINMAS, Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana wajib dilakukan melalui escrow account dan virtual account sebagaimana yang diwajibkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10/POJK.05/2022 tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi dan pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap ketentuan tersebut merupakan bukti telah terjadinya pelanggaran hukum oleh FINMAS sehingga FINMAS wajib menanggung ganti rugi yang diderita oleh masing-masing Pengguna sebagai akibat langsung dari pelanggaran hukum tersebut diatas tanpa mengurangi hak Pengguna yang menderita kerugian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.