Waspada, Berikut Tanda Data Pribadi Kamu Sedang Dicuri | Finmas - Sahabat Finansial Indonesia
Waspada, Berikut Tanda Data Pribadi Kamu Sedang Dicuri

Waspada, Berikut Tanda Data Pribadi Kamu Sedang Dicuri

09/04/2019
AUTHOR : RAINER MICHAEL EMANUEL

Pencurian data pribadi di internet sangat mungkin terjadi. Contohnya ketika harus memuat tanggal ulang tahun saat mendaftar pada sebuah aplikasi, itu artinya kalian sudah menaruh satu data penting di internet terkait data pribadi. Berhati-hatilah untuk menaruh data-data penting Kamu di internet, terutama terkait dengan pinjaman daring.

FINMAS sebagai #SahabatFinansial selalu menjaga kerahasiaan data pelanggan. Karena FINMAS menginkan para konsumen setianya memiliki posisi yang sejajar dengan FINMAS, bukan sekedar pelaku kewajiban simpan dan pinjam saja. Terlebih untuk urusan data-data pribadi konsumen, Finmas sangat menjaga kerahasiaan tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Oleh karena itu Finmas merupan Pilihan yang tepat untuk para konsumen yang masih ragu kerahasiaan data pribadinya tersebar luas, karena FINMAS selalu menjaga data-data pribadi kalian dengan sangat baik. Sebagai sahabat yang baik FINMAS akan memberikan sedikit tips kepada kalian agar semakin waspada dalam menghindari pencurian data pribadi. Prinsip kehati-hatian ketika berselancar di internet dan mengunduh aplikasi menjadi salah satu kunci utama keselamatan data pribadi anda. Berikut ini 4 hal tambahan yang tidak kalah penting untuk di perhatikan ketika mencoba mendaftar secara online di sebuah aplikasi terutama aplikasi pinjaman daring.

  • Perhatikan siapa yang akan diterima dalam lingkaran media sosial. Hal ini bisa mencegah penipu untuk mengakses informasi personal yang ada di profil. Gunakan semboyan FINMAS yaitu #SahabatFinansial sebagai pedoman. Pilih sahabat yang baik, dan tidak akan menipu serta menyulitkan kalian saat melakukan pinjaman.
  • Phising lewat email juga menjadi salah satu cara umum yang digunakan scammer untuk mendapat informasi sensitif lewat internet. Jika Anda menerima email yang tampak mencurigakan, sebisa mungkin jangan klik tuatan apapun atau membuka lampiran dalam surel tersebut. 
  • Jangan menggunakan publik WiFi ketika melakukan pendaftaran aplikasi pinjaman digital. Untuk yang memiliki quota internet terbatas, relakan sedikit quota internetnya demi keamanan data pribadi kalian. Publik WiFi bisa menjadi salah satu alasan mengapa data pribadi kalian tersebar. jadilah konsumen yang bijak dalam setiap tindakan penting yang kalian ambil.
  • Ganti password secara berkala merupakan salah satu langkah menjadi #KonsumenBijak. Karena dengan mengganti password secara rutin dapat menjadi salah satu langkah pencegahan yang paling mudah dan paling cepat dibandingkan harus melakukan konfirmasi perubahan data ke layanan pelanggan.