Tips untuk Bangkit dari Kebangkrutan | Finmas - Sahabat Finansial Indonesia
Tips untuk Bangkit dari Kebangkrutan

Tips untuk Bangkit dari Kebangkrutan

10/09/2019
AUTHOR : RAINER MICHAEL EMANUEL

Kebangkrutan merupakan hal yang kerap terjadi saat berbisnis. Pengusaha kecil maupun besar, offline maupun online, selalu dibayangi risiko bangkrut dalam berusaha. Hal terpenting yang harus Anda lakukan saat menghadapi masalah kebangkrutan adalah memahami situasi dan berusaha sebaik mungkin untuk menaklukkannya.

Banyak hal positif yang dapat Anda lakukan dalam menghadapi situasi yang sulit seperti kebangkrutan. Jangan lupa untuk tetap berpikir positif dan percaya bahwa Anda akan berhasil melewati kesulitan yang tengah terjadi. Berikut sejumlah tips yang dapat Anda lakukan saat menghadapi kebangkrutan;

  1. Kurangi Mengeluh dan Berpikir Negatif
    Memang benar bahwa mengeluh sangat wajar dilakukan saat menghadapi masalah. Kebangkrutan merupakan masalah yang tidak kecil dan tentu manusiawi jika Anda mengeluh dan berpikir negatif. Namun, setelah bersedih, ingatlah untuk selalu berkepala dingin dan mencoba bangkit kembali. Kesedihan yang berlarut-larut  dan dalam kurun waktu yang terlalu lama dapat membawa pengaruh buruk pada kesehatan Anda.
  2. Belajar dari Kesalahan
    Hal ini adalah salah satu hal terpenting yang harus Anda lakukan saat menghadapi kebangkrutan. Dalam keadaan terpuruk, memang sangat sulit untuk mengingat kembali kesalahan yang menjadi penyebab kegagalan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Anda akan dapat memulai menata kembali hati dan pikiran untuk segera bangkit dari keterpurukan. Banyak orang tenggelam dalam penyesalan dan selalu mengeluh sehingga lupa mengambil pelajaran dari kebangkrutan tersebut. Pengalaman ini akan membuat Anda kuat untuk bangkit kembali dan mengambil pelajaran berharga agar tidak mengulangi kesalahan di masa lalu.
  3. Jangan Pernah Menyerah
    Meski menghadapi kebangkrutan, jangan pernah menyerah dan memilih mengakhiri upaya Anda. Ingatlah bahwa hanya ada dua kemungkinan saat Anda memulai usaha: sukses atau gagal. Kegagalan tidak perlu menjadi akhir segalanya. Banyak sekali pengusaha sukses setelah sebelumnya mengalami kebangkrutan. Para pengusaha sukses itu adalah orang-orang yang bermental baja dan berpandangan positif karena tidak pernah menyerah pada “momok” dunia usaha yang disebut dengan kebangkrutan.