Tips Mengatasi Hutang Yang Menumpuk | Finmas - Sahabat Finansial Indonesia
Tips Mengatasi Hutang Yang Menumpuk

Tips Mengatasi Hutang Yang Menumpuk

01/07/2019
AUTHOR : RAINER MICHAEL EMANUEL

Saat menggunakan pinjaman dari platform pinjaman Daring secara berkala, tanpa disadari bisa saja seseorang menjadi memiliki hutang yang menumpuk. Hal ini tentu saja menjadi hal yang tidak diinginkan apalagi saat peminjam mulai merasa tidak mampu untuk melunasi hutang tersebut. Saat mulai terlilit utang ada baiknya jika Anda mulai mencari cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi utang tersebut. Berikut ini tips untuk mengatasi hutang yang menumpuk :

  1. Cari Alternatif Penghasilan Bulanan 
    Langkah yang baik untuk mengatasi hutang yang menumpuk adalah dengan memulai untuk mencari alternatif penghasilan tambahan agar mampu melunasinya. Cara yang paling sering dilakukan saat ini untuk meningkatkan pendapatan adalah dengan menjadi supir taksi online. Anda pun juga bisa memanfaatkan situs jual beli online dan menjual produk-produk yang kiranya dapat menghasilkan uang tambahan untuk Anda. Adapun alternatif penghasilan bulanan yang dapat Anda lakukan yaitu dengan memanfaatkan bonus tahunan atau THR yang Anda dapatkan saat hari raya. Dana tambahan yang Anda dapatkan setiap tahun ini hendaknya langsung diprioritaskan untuk mengatasi hutang-hutang Anda. 
  2. Perketat Anggaran Belanja
    Anda dapat mulai memperketat anggaran belanja untuk mengatasi utang yang menumpuk. Semakin Anda memangkas pengeluaran bulanan dengan baik, berarti semakin banyak dana yang bisa dialokasikan untuk membayar hutang yang terbengkalai. Kesalahpahaman yang masih saja sering terjadi dalam mengatur anggaran belanja adalah dengan langsung memotong pengeluaran secara besar-besaran sampai Anda merasa kaget dan belum terbiasa. Langkah yang paling tepat adalah dengan memulai dari pengeluaran-pengeluaran yang minor, misalnya dengan berhenti berlanganan dengan keanggotaan klub olahraga, tv kabel, atau membeli minuman di kedai kopi ternama. Dari usaha seperti ini Anda mulai perlahan-lahan memangkas pengeluaran lain dan memperketat anggaran belanja Anda untuk melunasi hutang yang menumpuk.
  3. Konsultasikan dengan Pihak yang Lebih Berpengalaman
    Jalan keluar lain yang dapat Anda manfaatkan adalah dengan melakukan konsultasi kepada pihak yang lebih berpengalaman. Konsultan yang lebih berpengalaman dalam mengelola hutang biasanya lebih memahami strategi seperti apa yang sebaiknya Anda lakukan untuk mengatasi hutang Anda yang telah menumpuk. Hal ini tentu saja akan dilakukan dengan melihat kondisi finansial dan kemampuan membayar Anda. Dengan mengambil langkah yang tepat, Anda bisa lebih cepat terbebas dari hutang dengan total hutang yang tentu saja bisa lebih rendah.