Tips Cerdas Mendapatkan Pinjaman Online Cepat Cair

Tips Cerdas Mendapatkan Pinjaman Online Cepat Cair

04/11/2021

Kredit bank konvensional kini tidak lagi menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk mencari pinjaman modal. Justru pinjaman online cepat cair yang paling diburu terutama oleh mereka yang membutuhkan dana mendesak. Dengan syarat yang relatif mudah, dana segar bisa langsung didapatkan hanya dalam hitungan jam.

Namun maraknya pinjaman online mengharuskan masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam memilih platform penyedia layanan pinjaman. Sebelum pinjaman berbasis online menjamur, sebagian orang umumnya memilih sumber pinjaman modal yang tidak memakai jaminan. Apa saja sumber pinjaman tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Pinjaman Modal Tanpa Jaminan

Jaminan merupakan salah satu syarat mutlak mengajukan pinjaman melalui institusi atau perusahaan tertentu. Akan tetapi syarat yang satu ini sering kali menghambat sebagian besar masyarakat untuk mencari pinjaman.

Berikut ini beberapa sumber pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang bisa menjadi solusi jitu bagi Anda:

  • Pinjaman Modal dari Keluarga atau Teman

Beberapa orang umumnya memilih mengajukan pinjaman ke kerabat atau teman dekat alih-alih melalui penyedia layanan keuangan. Alasan utamanya karena bebas jaminan dan bunga. Di samping itu, Anda juga tidak akan dipusingkan dengan jangka pelunasan.

Meski demikian, tetap harus ada kesepakatan kapan pinjaman harus dilunasi. Kalaupun pelunasan pinjaman terlambat, biasanya saudara atau teman Anda masih bisa maklum. Pelonggaran waktu biasanya juga akan diberikan. Namun pastikan untuk selalu tepat waktu dan bertanggung jawab atas pinjaman Anda.

  • Pinjaman Modal dari Koperasi Simpan Pinjam

Inilah sumber pinjaman tanpa jaminan yang bisa Anda temui dengan mudah baik secara online maupun offline. Namun perlu diingat bahwa jenis pinjaman ini hanya diperuntukkan pada anggota koperasi saja.

Karena mengusung prinsip bahwa kesejahteraan anggota adalah yang utama, koperasi simpan pinjam menawarkan pinjaman pada anggotanya tanpa dikenai pinjaman. Syarat yang harus dipenuhi biasanya berupa modal dan juga uang keanggotaan. Anggota juga akan mendapatkan jaminan keamanan pinjaman.

  • Pinjaman Modal dari Layanan Pinjaman Syariah

­Dalam sistem pinjaman konvensional tanpa jaminan, umumnya nasabah mengajukan nominal dana  yang akan dipinjam terlebih dahulu. Kemudian, pihak kreditur memberikan dana pada awal perjanjian dan pinjaman pokok serta bunga pinjaman harus dicicil sesuai waktu yang disepakati.

Berbeda dengan layanan pinjaman syariah yang menetapkan bahwa kreditur tidak akan membebankan bunga melainkan prinsip bagi hasil. Pada awal transaksi, debitur harus menentukan jenis akad atau perjanjian yang sudah disesuaikan dengan syariat Islam.

Layanan keuangan yang mengusung konsep operasional syariah bukan hanya bank atau koperasi saja. Beberapa pinjaman online kini bahkan menerapkan konsep yang serupa.

  • Pinjaman Modal dari Layanan Pinjaman Online

Opsi pinjaman modal berbasis online merupakan yang paling diminati. Bahkan tidak jarang orang langsung mencari pinjaman online cepat cair daripada menggunakan sumber pinjaman yang sudah disebutkan di atas.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pengajuan pinjaman online terkenal dengan proses pencairan dananya yang mudah. Anda cukup mengunduh aplikasi dan menyertakan data diri, maka Anda sudah langsung bisa mengajukan pinjaman.

Namun apa sebenarnya yang membuat pinjaman online semakin diminati oleh masyarakat bahkan bagi para pelaku UMKM?

Keunggulan Pinjaman Berbasis Online

Pinjaman online memiliki daya tarik utama yang sulit untuk ditemui pada produk-produk kredit konvensional. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah keunggulan pinjaman online yang wajib untuk dipahami.

  • Proses Pengajuan yang Mudah dan Praktis

Inilah yang menjadi alasan utama pinjaman online sangat populer di kalangan masyarakat. Berbeda dengan layanan pinjaman pada umumnya yang mengharuskan debitur datang ke kantor sabang, seluruh proses pengajuan dilakukan secara online. Debitur juga tidak harus melalui proses wawancara atau bahkan survei yang berbelit.

Cukup dengan mengoptimalkan penggunaan ponsel pintar dan jaringan internet, Anda bisa langsung mengajukan pinjaman. Dana juga akan langsung diproses ke nomor rekening yang Anda sertakan saat proses pengajuan.

  • Dana Bisa Dicairkan dengan Cepat

Karena tidak membutuhkan syarat yang berbelit, otomatis pengajuan dana melalui pinjaman online bisa dicairkan dengan cepat. Beberapa perusahaan penyedia layanan ini umumnya membutuhkan waktu paling lama tiga hari kerja.

Beberapa layanan keuangan ini bahkan mampu memproses pengajuan pinjaman hanya dalam kurun waktu kurang lebih 24 jam. Jadi, apabila Anda sedang membutuhkan dana mendesak atau bahkan untuk keperluan membangun usaha, pinjaman online cepat cair bisa menjadi alternatif yang tepat.

Agar proses pengajuan segera disetujui, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Pertama, pastikan Anda memahami syarat dan ketentuan pinjaman. Kedua, pastikan pula setiap ketentuan dan juga dokumen persyaratan sudah terpenuhi.

  • Persyaratan yang Relatif Mudah

Tak sedikit masyarakat yang kerap mengeluhkan sulitnya mencari pinjaman. Apalagi jika sudah berbicara soal syarat pengajuan pinjaman. Beberapa orang tidak mampu memenuhi persyaratan yang dimiliki oleh layanan pinjaman konvensional. Padahal sedang membutuhkan dana untuk kebutuhan mendesak.

Berbanding terbalik, penyedia layanan pinjaman online 24 jam memiliki persyaratan pengajuan kredit yang bisa dibilang cukup mudah. Hanya dengan bermodalkan berkas pribadi seperti KTP, slip gaji, dan NPWP, Anda sudah bisa langsung mengajukan pinjaman.

Mungkin beberapa perusahaan mengharuskan debitur untuk menyiapkan beberapa dokumen pendukung. Persyaratan tambahan tersebut umumnya digunakan untuk memuluskan seluruh proses pengajuan. Asal Anda mampu memenuhi syarat utama, pengajuan pinjaman biasanya akan langsung disetujui oleh pihak kreditur.

  • Cocok untuk Berbagai Kebutuhan

Berbeda dari pinjaman pada umumnya, seperti KPR yang diperuntukkan untuk mereka yang ingin membeli rumah, pinjaman online bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Anda bisa memanfaatkannya untuk biaya kuliah, berobat, atau keperluan mendesak lainnya.

Beberapa penyedia layanan pinjaman online cepat cair, seperti Finmas bahkan bisa digunakan oleh para pemilik UMKM. Pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro termasuk dalam kategori “High Value Customers” yang kini menjadi fokus layanan pinjaman online.

Jadi, apabila Anda membutuhkan modal untuk membangun usaha, pinjaman online tentu bisa menjadi opsi yang ideal. Namun Anda harus cermat dalam memilih platform agar tidak terjebak pinjaman online ilegal yang kini sedang marak.

  • Tenor Pinjaman Relatif Singkat

Pinjaman online juga dikenal dengan tenor pinjamannya yang singkat. Tenor pinjaman adalah  jangka waktu pinjaman yang Anda tentukan saat melakukan proses pengajuan. Sebagai debitur Anda harus membayarkan jumlah pinjaman sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan.

Pada umumnya pinjaman berbasis online memiliki tenor kurang dari 12 bulan. Hal ini pula yang menyebabkan bunga di pinjaman ini jauh lebih besar dari produk kredit  lainnya. Apabila Anda membutuhkan dana mendesak namun mampu untuk melunasi kredit dalam jangka waktu yang singkat, tidak masalah jika Anda memilih jenis pinjaman yang satu ini.

Tips Memilih Pinjaman Online Terpercaya

Tidak bisa dimungkiri bahwa menjamurnya pinjaman online selaras dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi. Di sisi lain, kemunculan layanan pinjaman tersebut juga diikuti dengan maraknya perusahaan pinjaman ilegal.

Sementara itu, kebutuhan yang mendesak sering kali membuat masyarakat tidak cukup cermat saat memilih platform terutama layanan pinjaman online cepat cair. Alhasil, banyak dari mereka yang terjebak jerat pinjaman ilegal. Oleh sebab itu, wajib bagi Anda untuk mengetahui tips untuk memilih pinjaman berbasis online yang terpercaya.

  • Terdaftar Secara Legal di OJK

Hal pertama dan yang paling utama sebelum memilih layanan pinjaman online adalah memastikan bahwa perusahaan tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Fintech legal tentu memiliki izin resmi dari OJK selalu lembaga pengawas kegiatan finansial.

Lalu bagaimana cara memeriksanya? Anda bisa mengunjungi laman resmi OJK atau menghubungi layanan pelanggan lewat WhatsApp di 081-157-157-157. Hanya dengan mengajukan pinjaman melalui pinjaman resmi saja Anda bisa terhindar dari jerat bunga pinjaman online ilegal.

  • Transparansi Bunga dan Biaya

Penyelenggara layanan pinjaman online yang legal selalu memberikan transparansi biaya dan bunga kepada semua calon debitur. Bahkan beberapa platform juga menyediakan fitur yang bisa membantu nasabah mempelajari simulasi pinjaman. Dengan fitur ini, nasabah bisa mengetahui berapa nominal cicilan yang harus dibayarkan pada setiap bulannya.

Dengan transparansi suku bunga maupun biaya, maka debitur sejak awal sudah mengetahui tanggung jawab dan risikonya. Perusahaan pinjaman online yang secara resmi terdaftar di OJK jelas tidak akan membebani masyarakat dengan suku bunga tinggi.

Rata-rata suku bunganya bahkan tidak sampai 4%. Bunga per harinya pun relatif rendah. Finmas misalnya, debitur hanya akan dikenai suku bunga sebesar 0,27% hingga 0,47% per hari dengan bunga maksimum sebesar 36% per tahun.

  • Memahami Semua Ketentuan dan Persyaratan

Salah satu kunci utama untuk melindungi diri dari tindak penipuan pinjaman ilegal adalah dengan membaca dan memahami seluruh ketentuan dan persyaratan yang diberikan. Mengapa demikian? Karena ketidakpahaman nasabah atas persyaratan peminjaman lah yang justru merugikan nasabah itu sendiri.

Maka dari itu, bacalah semua ketentuan dan persyaratan dari pinjaman online cepat cair yang Anda pilih secara seksama. Pahami juga setiap poin yang diberikan. Apabila Anda menemukan syarat yang belum Anda pahami, sangat disarankan untuk langsung menghubungi layanan pelanggan dari platform fintech tersebut.

  • Memiliki Kontrak Perjanjian

Semua layanan keuangan yang menyediakan layanan kredit selalu menyertakan kontrak perjanjian. Pinjaman online pun juga demikian. Kontrak perjanjian ini juga bisa menjadi salah satu ciri perusahaan fintech yang resmi.

Maka dari itu, sebelum mengajukan pinjaman, pastikan penyedia layanan tersebut memiliki kontrak pinjaman. Selain itu, Anda juga harus membaca kontrak ini dengan secara seksama terutama pada bagian data-data pribadi.

  • Memiliki Aplikasi dan Laman Resmi

Perusahaan yang berkecimpung dibidang layanan pinjaman uang dan sudah mengantongi izin resmi dari OJK sudah pasti memiliki laman resmi atau bahkan aplikasi. Namun apakah itu cukup untuk membuktikan bahwa platform tersebut memang terpercaya?

Untuk memastikannya, Anda bisa memeriksa apakah laman dan aplikasi resmi fintech tersebut menyertakan logo OJK. Pada dasarnya hanya pinjaman resmi saja yang memiliki logo tersebut dalam situs dan aplikasi mereka.

Aplikasi pinjaman online terpercaya bisa didapatkan dengan mudah melalui toko aplikasi di ponsel pintar Anda. Sementara itu, laman resmi biasanya digunakan sebagai salah satu media penawaran layanan kredit. Di sini Anda juga bisa mendapatkan informasi lebih rinci mengenai produk-produk kredit yang ditawarkan.

Perusahaan yang menawarkan layanan pinjaman online cepat cair memang sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Kecermatan nasabah lah yang menjadi kunci memilih pinjaman online yang terpercaya. Selain menghindarkan nasabah dari tindak penipuan, perusahaan juga akan mendapatkan kepercayaan dari para calon nasabah.

PERHATIAN