Tips Bagaimana Mengelola Hutang Dalam Berbagai Ukuran

Tips Bagaimana Mengelola Hutang Dalam Berbagai Ukuran

26/03/2019
EDITOR : rainer.emanuel

Setiap orang yang memiliki pinjaman harus cerdik dalam mengelola hutang mereka. Jika Anda hanya memiliki sedikit hutang, Anda harus mempertahankan pembayaran Anda dan memastikan hal itu tidak lepas dari kendali anda. Di sisi lain, ketika Anda memiliki hutang dalam jumlah besar, Anda harus lebih berusaha untuk melunasi utang Anda. Berikut tips terbaik untuk mengelola hutang dalam ukuran kecil maupun dalam ukuran yang besar :

  • Ketahui Siapa dan Berapa Banyak Anda Berhutang
    Buat daftar hutang Anda, termasuk kreditor, jumlah total utang, pembayaran bulanan, dan tanggal jatuh tempo. Anda dapat menggunakan laporan kredit Anda untuk mengonfirmasi hutang pada daftar Anda. Memiliki semua daftar hutang memungkinkan Anda untuk melihat gambaran yang lebih besar dan tetap sadar akan daftar hutang Anda secara detail dan lengkap.

    Jangan hanya membuat daftar lalu dilupakan begitu saja. Lihat daftar hutang Anda secara berkala, terutama saat Anda membayar tagihan. Perbarui daftar hutang Anda setiap beberapa bulan karena jumlah hutang Anda seharusnya semakin berkurang.
  • Pastikan Bayar Tagihan Tepat Waktu Setiap Bulan
    Pembayaran yang terlambat akan mempersulit Anda untuk melunasi hutang, karena Anda harus membayar biaya keterlambatan untuk setiap pembayaran yang terlewatkan. Jika Anda melewatkan dua pembayaran berturut-turut maka suku bunga serta biaya pengeluaran keuangan Anda akan meningkat. Jika Anda menggunakan sistem kalender di komputer atau Smartphone, masukkan daftar pembayaran Anda di sana dan tetapkan peringatan untuk mengingatkan Anda beberapa hari sebelum pembayaran jatuh tempo.
  • Lakukan Pembayaran Minimum
    Jika Anda tidak mampu membayar lebih, setidaknya lakukan pembayaran minimum. Memang, pembayaran minimum tidak membantu kemajuan Anda dalam melunasi hutang. Tapi, itu membuat hutang Anda tidak bertambah dan membuat akun Anda dalam tetap dalam performa yang baik. Ketika Anda melewatkan pembayaran, semakin sulit untuk mengejar ketinggalan dan akhirnya akun Anda bisa menjadi default.
  • Gunakan Anggaran Bulanan untuk Merencanakan Biaya Anda
    Menyimpan anggaran membantu memastikan Anda memiliki cukup uang dalam menutupi pengeluaran bulanan Anda. Rencanakan cukup jauh sebelumnya dan Anda dapat mengambil tindakan dini jika sepertinya Anda tidak akan memiliki cukup uang untuk membayar tagihan bulan ini atau selanjutnya. Anggaran juga membantu Anda merencanakan untuk menghabiskan uang ekstra yang tersisa setelah seluruh biaya sudah ditanggung. Anda dapat menggunakan uang ekstra ini untuk melunasi hutang lebih cepat.
  • Kenali Tanda-Tanda Bahwa Anda Membutuhkan Bantuan
    Jika Anda kesulitan membayar hutang dan tagihan lainnya setiap bulan, Anda mungkin perlu mendapatkan bantuan dari perusahaan konsultan keuangan. Ini semua memiliki kelebihan dan kekurangan jadi pertimbangkan pilihan Anda dengan hati-hati.
PERHATIAN

 

 

·       Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi merupakan kesepakatan perdata antara Pemberi Dana dengan Penerima Dana, sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.

 

 

 

·       Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Dana. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas risiko gagal bayar ini.

 

 

 

·       Penyelenggara dengan persetujuan dari masing-masing Pengguna (Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana) dapat mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola dan/atau menggunakan data pribadi Pengguna ("Pemanfaatan Data") pada atau di dalam benda, perangkat elektronik (termasuk smartphone atau telepon seluler), perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), dokumen elektronik, aplikasi atau sistem elektronik milik Pengguna atau yang dikuasai Pengguna, dengan memberitahukan tujuan, batasan dan mekanisme Penggunaan Informasi Personal tersebut kepada Pengguna yang bersangkutan sebelum memperoleh persetujuan yang dimaksud.

 

 

 

·       Pemberi Dana yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pendanaan, disarankan untuk tidak menggunakan Layanan FINMAS ini.

 

 

 

·       Penerima Dana harus mempertimbangkan tingkat bunga Dana dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi Dana.

 

 

 

·       Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial. 

 

 

 

·       Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum membuat keputusan menjadi Pemberi Dana atau Penerima Dana.

 

 

 

·       Pemerintah yaitu dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan, tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan oleh Pengguna, baik Pemberi Dana maupun Penerima Dana (baik karena kesengajaan atau kelalaian Pengguna) terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan maupun kesepakatan atau perikatan antara Penyelenggara (dalam hal ini adalah “Perusahaan”) dengan Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana.

 

 

 

·       Setiap transaksi dan kegiatan pinjam meminjam atau pelaksanaan kesepakatan mengenai pinjam meminjam antara atau yang melibatkan Perusahaan, Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana wajib dilakukan melalui rekening penampungan (escrow account) dan rekening virtual (virtual account) sebagaimana yang diwajibkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10 /POJK.05/2022tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi dan pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap ketentuan tersebut merupakan bukti telah terjadinya pelanggaran hukum oleh Perusahaan sehingga Perusahaan wajib menanggung ganti rugi yang diderita oleh masing-masing Pengguna sebagai akibat langsung dari pelanggaran hukum tersebut diatas tanpa mengurangi hak Pengguna yang menderita kerugian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

 

 

 

·       Dengan menggunakan Layanan Finmas, maka Suku Bunga, Tanggal Jatuh Tempo, Denda Keterlambatan, dan Biaya-Biaya Lainnya akan mengacu pada Perjanjian Pendanaan antara Pemberi Dana dan Penerima Dana yang merupakan perjanjian yang mengikat Para Pihak.