Tetap Lancar Membayar Angsuran Pinjaman Bunga Rendah di Tengah Pandemi

Tetap Lancar Membayar Angsuran Pinjaman Bunga Rendah di Tengah Pandemi

08/03/2021

Pinjaman yang selalu menjadi alternatif untuk mendapatkan dana darurat, seperti halnya pinjaman bunga rendah di KTA online. Lalu, bagaimana jika saat ini daerah Anda sedang menghadapi pandemi? Saat hal ini terjadi, secara otomatis sistem kehidupan Anda akan berubah.

Contohnya saja adalah adanya masalah dalam pekerjaan dengan terbatasnya ruang gerak. Selain itu, mencari barang tertentu juga bisa jadi semakin sulit. Jika memang demikian, maka mulailah lebih bijak dan berpikir dua kali dalam pemanfaatan dana agar angsuran tetap bisa berjalan. 

Cara Agar Bisa Tetap Membayar Angsuran di Tengah Pandemi

Saat ruang gerak terbatas dan juga akses menuju tempat lain menjadi lebih sempit, maka bisa jadi berpengaruh pada penghasilan Anda. Maka mulai sekarang, terapkan beberapa trik berikut ini agar dampak dari pandemi tidak merusak managemen keuangan Anda dan angsuran pinjaman bisa lancar terbayarkan :

  • Miliki dana darurat
    Dana darurat sangat penting untuk menangkal guncangan jangka pendek. Periksa kembali pengeluaran yang bisa dipotong dan sisihkan untuk meningkatkan dana darurat.

    Cara lainnya adalah Anda bisa menarik dividen maupun investasi Anda untuk mendapatkan dana segar. Dana ini selanjutnya bisa Anda gunakan untuk pembayaran angsuran guna mencegah keterlambatan yang bisa memunculkan denda. 
  • Tentukan investasi mana yang akan Anda pertahankan
    Gejolak pasar pastilah ada di tengah pandemi. Inilah saatnya untuk melihat prospek investasi Anda lebih dekat lagi. Pikirkan hal terburuk apa yang bisa terjadi dan tentunya jangan panik.

    Pantau perkembangan pasar dan buat keputusan, mana investasi yang akan ditarik dan dipertahankan. Sebisa mungkin tahan dorongan untuk menarik investasi secara spontan tanpa berpikir terlebih dahulu. Lihat berbagai sisi dan pertimbangkan dengan bijak.
  • Tingkatkan skill yang dimiliki dan perluas dengan kemampuan baru
    Untuk bisa bertahan di tengah pandemi, maka miliki skill baru atau tingkatkan skill yang telah Anda miliki. Tentunya di tengah gejolak pasar yang ada akan muncul peluang-peluang baru yang bisa Anda masuki.

    Usaha sampingan pun jadi pilihan yang bisa Anda coba. Jangan lupa untuk selalu belajar dan perluas kemampuan Anda agar keluarga Anda tetap bisa bertahan.

Pandemi yang ada bisa jadi membuat Anda lebih bijak dan cerdas. Inilah yang harus Anda manfaatkan untuk bisa tetap bertahan demi kenyamanan seluruh anggota keluarga. Yang tidak kalah penting adalah tetap utamakan angsuran pinjaman bunga rendah untuk menghindari kredit macet.

PERHATIAN

Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi merupakan kesepakatan perdata antara Pemberi Dana dengan Penerima Dana, sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.

·       Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Dana. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas risiko gagal bayar ini.

·       Penyelenggara dengan persetujuan dari masing-masing Pengguna (Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana) mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola dan/atau menggunakan data pribadi Pengguna ("Pemanfaatan Data") pada atau di dalam benda, perangkat elektronik (termasuk smartphone atau telepon seluler), perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), dokumen elektronik, aplikasi atau sistem elektronik milik Pengguna atau yang dikuasai Pengguna, dengan memberitahukan tujuan, batasan dan mekanisme Pemanfaatan Data tersebut kepada Pengguna yang bersangkutan sebelum memperoleh persetujuan yang dimaksud.

·       Pemberi Dana yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pendanaan, disarankan untuk tidak menggunakan layanan FINMAS ini.

·       Penerima Dana harus mempertimbangkan tingkat bunga Dana dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi Dana.

·       Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial.

·       Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum membuat keputusan menjadi Pemberi Dana atau Penerima Dana.

·       Pemerintah yaitu dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan, tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan oleh Pengguna, baik Pemberi Dana maupun Penerima Dana (baik karena kesengajaan atau kelalaian Pengguna) terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan maupun kesepakatan atau perikatan antara Penyelenggara (dalam hal ini adalah “FINMAS”) dengan Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana.

·       Setiap transaksi dan kegiatan pendanaan atau pelaksanaan kesepakatan mengenai pendanaan antara atau yang melibatkan FINMAS, Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana wajib dilakukan melalui escrow account dan virtual account sebagaimana yang diwajibkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10/POJK.05/2022 tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi dan pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap ketentuan tersebut merupakan bukti telah terjadinya pelanggaran hukum oleh FINMAS sehingga FINMAS wajib menanggung ganti rugi yang diderita oleh masing-masing Pengguna sebagai akibat langsung dari pelanggaran hukum tersebut diatas tanpa mengurangi hak Pengguna yang menderita kerugian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.