Pinjaman Modal & Jenis Usaha yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Pinjaman Modal & Jenis Usaha yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

21/12/2021

Ibu rumah tangga memulai bisnis dari rumah? Kenapa tidak! Meski sambil menyiapkan kebutuhan keluarga, memiliki usaha mandiri tentu memberi keuntungan. Tantangannya, mayoritas ibu rumah tangga adalah pengatur keuangan di dalam keluarga. Jadi, harus pandai membuat prioritas dan alokasi dana.

Sekarang siapa pun termasuk ibu rumah tangga bisa mendapatkan dana tambahan dari berbagai aplikasi pinjaman online. Syarat yang harus dipenuhi tidak rumit, dana yang diajukan pun bisa disetujui dan ditransfer ke rekening tanpa harus menunggu lama.

Mengapa Pinjaman Online

Bila pinjaman konvensional membutuhkan persyaratan kompleks yang harus dipenuhi, Anda dapat mengajukan pinjaman online dengan cepat dan mudah. Berikut ini beberapa manfaat pinjaman online untuk perkembangan usaha Anda di rumah:

Pengajuan praktis dan mudah

Tidak perlu repot mendatangi kantornya. Cukup siapkan ponsel pintar dan jaringan internet untuk mengunduh dan menginstal aplikasi pinjaman online dan melakukan registrasi secara gratis. Seluruh proses pun akan dilakukan secara daring, kapan dan di mana saja.

Kebanyakan platform tidak melakukan sesi wawancara ataupun survei untuk menyetujui ajuan dana. Kelengkapan persyaratan yang Anda unggah pun akan dicek maksimal 2 x 24 jam dari pengajuan.

Pencairan dana cepat

Bagi yang sedang membutuhkan dana untuk keperluan mendesak, pinjaman online atau pinjol ini selalu bisa Anda andalkan. Segera setelah pengajuan disetujui, pihak perusahaan yang memberikan pinjaman akan langsung mentransfer dana ke rekening Anda. Agar dana segera cair tanpa hambatan, pastikan untuk memenuhi setiap persyaratan pinjaman online cepat cair.

Persyaratan tidak ribet

Tidak perlu menyiapkan dokumen seperti surat pengantar RT/RW ataupun kartu kredit.  Anda hanya membutuhkan berkas pribadi seperti KTP, NPWP, ataupun slip gaji.

Beberapa platform atau aplikasi pinjaman online bahkan tidak menyebutkan slip gaji sebagai salah satu persyaratan. Ini tentu bermanfaat bagi ibu rumah tangga yang tidak berstatus karyawan atau bekerja di luar rumah.

Fleksibilitas tenor

Pinjol menggunakan tenor kredit pendek 30 hari. Bila Anda selalu membayar tagihan sesuai tenggat, limit kredit yang bisa diambil meningkat dan tenor kredit bisa naik menjadi dua hingga tiga bulan dengan sistem cicilan. Artinya, peminjam tidak perlu melunasi dalam satu waktu.

Plafon kecil dan tanpa agunan

Plafon pinjaman kecil jarang didapatkan dari Bank. Sedangkan pada pinjaman online, Anda bisa mengajukan pinjaman untuk ibu rumah tangga mulai dari Rp500 ribu.

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir bila tidak memiliki aset untuk dijadikan jaminan. Pasalnya, pinjaman modal online ini tidak membutuhkan agunan sebagai salah satu syarat pengajuan.

Jenis Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Sudah menentukan usaha apa yang akan Anda jalankan di rumah? Bila belum, ini adalah beberapa rekomendasi usaha rumahan dengan modal kecil:

  • Jasa katering
  • Jasa penitipan
  • Toko kelontong
  • Penjahit
  • Payment Point Online Banking (PPOB)
  • Produksi makanan ringan
  • Menjadi reseller dan dropshipper produk fashion
  • Bisnis tanaman hias
  • Budidaya ikan hias
  • Membuka bimbingan belajar atau kursus di rumah

Setiap jenis usaha di atas membutuhkan jumlah modal yang berbeda-beda. Bila memiliki kendala atas keterbatasan dana, Anda bisa mengajukan pinjaman online kapan saja.

Tips pentingnya adalah gunakan kemudahan dan segala kepraktisan yang ditawarkan dengan bijak. Lunasi tagihan sesuai tenggat yang diberikan bila ingin terus merasakan manfaat dari pinjol.  Lebih dari itu, pilih aplikasi pinjaman online yang tepercaya dan legal atau telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

PERHATIAN

 

 

·       Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi merupakan kesepakatan perdata antara Pemberi Dana dengan Penerima Dana, sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.

 

 

 

·       Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Dana. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas risiko gagal bayar ini.

 

 

 

·       Penyelenggara dengan persetujuan dari masing-masing Pengguna (Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana) dapat mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola dan/atau menggunakan data pribadi Pengguna ("Pemanfaatan Data") pada atau di dalam benda, perangkat elektronik (termasuk smartphone atau telepon seluler), perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), dokumen elektronik, aplikasi atau sistem elektronik milik Pengguna atau yang dikuasai Pengguna, dengan memberitahukan tujuan, batasan dan mekanisme Penggunaan Informasi Personal tersebut kepada Pengguna yang bersangkutan sebelum memperoleh persetujuan yang dimaksud.

 

 

 

·       Pemberi Dana yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pendanaan, disarankan untuk tidak menggunakan Layanan FINMAS ini.

 

 

 

·       Penerima Dana harus mempertimbangkan tingkat bunga Dana dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi Dana.

 

 

 

·       Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial. 

 

 

 

·       Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum membuat keputusan menjadi Pemberi Dana atau Penerima Dana.

 

 

 

·       Pemerintah yaitu dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan, tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan oleh Pengguna, baik Pemberi Dana maupun Penerima Dana (baik karena kesengajaan atau kelalaian Pengguna) terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan maupun kesepakatan atau perikatan antara Penyelenggara (dalam hal ini adalah “Perusahaan”) dengan Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana.

 

 

 

·       Setiap transaksi dan kegiatan pinjam meminjam atau pelaksanaan kesepakatan mengenai pinjam meminjam antara atau yang melibatkan Perusahaan, Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana wajib dilakukan melalui rekening penampungan (escrow account) dan rekening virtual (virtual account) sebagaimana yang diwajibkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10 /POJK.05/2022tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi dan pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap ketentuan tersebut merupakan bukti telah terjadinya pelanggaran hukum oleh Perusahaan sehingga Perusahaan wajib menanggung ganti rugi yang diderita oleh masing-masing Pengguna sebagai akibat langsung dari pelanggaran hukum tersebut diatas tanpa mengurangi hak Pengguna yang menderita kerugian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

 

 

 

·       Dengan menggunakan Layanan Finmas, maka Suku Bunga, Tanggal Jatuh Tempo, Denda Keterlambatan, dan Biaya-Biaya Lainnya akan mengacu pada Perjanjian Pendanaan antara Pemberi Dana dan Penerima Dana yang merupakan perjanjian yang mengikat Para Pihak.