Mengapa Pinjaman Daring Anda Ditolak?

Mengapa Pinjaman Daring Anda Ditolak?

01/07/2019
AUTHOR : RAINER MICHAEL EMANUEL

Saat ini pinjaman Daring memang sangat memudahkan siapapun yang membutuhkan dana tambahan guna memenuhi kebutuhan sehari-hari ataupun kebutuhan darurat lainnya. Proses pengajuannya yang serba gampang, persyaratannya yang tak serumit bank konvensional, membuat banyak orang beralih ke kepada platform pinjaman Daring tersebut.

Tapi, meskipun memberi sejumlah kemudahan, bukan berarti setiap pengajuan dapat disetujui begitu saja. Platform pinjaman Daring yang benar-benar aman seharusnya memiliki sejumlah faktor dalam menilai kelayakan calon nasabah. Mereka tak akan menyetujui pengajuan kredit orang-orang yang tak memenuhi persyaratan atau dianggap tak layak karena sejumlah hal.

Jika Anda adalah salah satu orang yang pengajuan kreditnya pernah ditolak Platform pinjaman Daring. Jika demikian, artinya ada yang salah dalam proses pengajuannya. Di mana letak kesalahannya? Mari kita ketahui bersama-sama.

Tidak memenuhi persyaratan

Setiap Platform pinjaman Daring pasti memiliki persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon nasabahnya. Baik dari segi usia, domisili, maupun penghasilan. Setiap Aplikasi kredit online tentu memiliki syarat yang berbeda. Untuk itu, sebelum mengajukan pinjaman, pastikan bahwa Anda dapat memenuhi persyaratannya. Jika tidak maka kemungkinan besar pengajuan Anda akan terus ditolak.

Dokumen tidak lengkap atau tidak terbaca

Seluruh proses pendaftaran pinjaman berbasis teknologi akan dilakukan secara online. Anda akan diminta untuk mengunggah dokumen berupa bukti alamat (KK & STNK), bukti penghasilan (rekening koran & slip gaji) yang telah difoto. Proses seleksi dokumen ini adalah hal yang harus diperhatikan. Sebab, Platform pinjaman Daring akan menyeleksi dokumen calon nasabah dengan sangat teliti. Tujuannya untuk meminimalisasi risiko dokumen yang tidak terbaca, maka Anda bisa memilih layanan pinjaman Daring yang menyederhanakan proses pendaftaram, seperti Finmas yang memberikan opsi pendaftaran dengan sangat mudah dan proses approvalnya yang sangat cepat.

Riwayat kredit buruk

Riwayat kredit juga tak akan luput dari pengecekan. Apabila sebelumnya Anda pernah berutang di Platform kredit lain, baik konvensional maupun online, dan memiliki utang yang tertunggak, maka bersiaplah mendapatkan penilaian yang buruk sebagai calon peminjam. Riwayat kredit sangat menentukan diterima atau ditolaknya pengajuan Anda.

PERHATIAN

Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi merupakan kesepakatan perdata antara Pemberi Dana dengan Penerima Dana, sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.

·       Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Dana. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas risiko gagal bayar ini.

·       Penyelenggara dengan persetujuan dari masing-masing Pengguna (Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana) mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola dan/atau menggunakan data pribadi Pengguna ("Pemanfaatan Data") pada atau di dalam benda, perangkat elektronik (termasuk smartphone atau telepon seluler), perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), dokumen elektronik, aplikasi atau sistem elektronik milik Pengguna atau yang dikuasai Pengguna, dengan memberitahukan tujuan, batasan dan mekanisme Pemanfaatan Data tersebut kepada Pengguna yang bersangkutan sebelum memperoleh persetujuan yang dimaksud.

·       Pemberi Dana yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pendanaan, disarankan untuk tidak menggunakan layanan FINMAS ini.

·       Penerima Dana harus mempertimbangkan tingkat bunga Dana dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi Dana.

·       Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial.

·       Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum membuat keputusan menjadi Pemberi Dana atau Penerima Dana.

·       Pemerintah yaitu dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan, tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan oleh Pengguna, baik Pemberi Dana maupun Penerima Dana (baik karena kesengajaan atau kelalaian Pengguna) terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan maupun kesepakatan atau perikatan antara Penyelenggara (dalam hal ini adalah “FINMAS”) dengan Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana.

·       Setiap transaksi dan kegiatan pendanaan atau pelaksanaan kesepakatan mengenai pendanaan antara atau yang melibatkan FINMAS, Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana wajib dilakukan melalui escrow account dan virtual account sebagaimana yang diwajibkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10/POJK.05/2022 tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi dan pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap ketentuan tersebut merupakan bukti telah terjadinya pelanggaran hukum oleh FINMAS sehingga FINMAS wajib menanggung ganti rugi yang diderita oleh masing-masing Pengguna sebagai akibat langsung dari pelanggaran hukum tersebut diatas tanpa mengurangi hak Pengguna yang menderita kerugian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.