Mau Ajukan Pinjaman Tanpa Agunan? Pahami Ini Dulu!

Mau Ajukan Pinjaman Tanpa Agunan? Pahami Ini Dulu!

02/03/2021

Ada banyak sumber pinjaman yang bisa Anda pilih. Anda bisa memanfaatkan bank hingga non bank. Masing-masing memiliki kelebihan tersendiri. Untuk pinjaman pribadi non bank akan lebih mudah apalagi tanpa agunan sama sekali.

Akan tetapi, ada berbagai hal yang harus Anda pahami terlebih dahulu. Hal ini karena tidak semua pengajuan pinjaman ini selalu mudah. Berikut ini adalah berbagai hal yang perlu dipahami dulu sebelum ajukan pinjaman.

Tingginya Bunga di Pinjaman Pribadi Non Bank Tanpa Agunan Apapun

Salah satu perusahaan pemberi pinjaman non bank ini adalah fintech. Anda bisa menyebutnya dengan pinjaman online. Jenis pinjaman ini memberikan syarat dan ketentuan yang mudah. Maka tak heran jika pinjaman ini disebut dengan pinjaman kilat terlebih dengan pencairan yang cepat.

Akan tetapi, bunga di pinjaman tanpa agunan ini lebih tinggi. Maka pinjaman non bank ini tak selalu menguntungkan. Kebijakan suku bunga yang tinggi ini diambil dengan alasan karena pihak pemberi pinjaman memiliki resiko yang lebih tinggi daripada pinjaman dengan agunan.

Skor Kredit Bisa Turut Menjadi Penentu

Anda mungkin tidak menyadari bahwa skor kredit selalu jadi perhitungan bank maupun perusahaan pemberi pinjaman lain. Umumnya, pencairan pinjaman tanpa agunan mensyaratkan skor kredit yang tinggi. 

Skor kredit akan berfungsi sebagai penentu kelayakan pinjaman yang akan diajukan. Dari sinilah, pihak bank maupun non bank akan mampu melihat kondisi finansial Anda. Mereka akan tahu seberapa besar kemampuan Anda dalam melunasi pinjaman nantinya.

Tenor yang Lebih Singkat daripada Bank

Pinjaman kilat dan instan dari fintech yang tanpa agunan apapun umumnya memberikan tenor yang singkat. Karena itulah, Anda harus memiliki tanggung jawab yang besar untuk melakukan pelunasan tepat waktu.

Ingat bahwa telat membayar akan memberikan banyak kerugian. Diantaranya adalah adanya skor kredit yang buruk dan juga adanya denda keterlambatan. Maka dari itulah, saat Anda memiliki pinjaman pribadi non bank tanpa agunan sama sekali, maka mulailah atur finansial Anda. Tepatilah pembayaran kredit sesuai kesepakatan. 

 

PERHATIAN