Macam Macam Biaya di Pinjaman Pribadi Non Bank

Macam Macam Biaya di Pinjaman Pribadi Non Bank

01/04/2021

Pinjaman pribadi non bank sangat populer trendnya lantaran mudah dan cepat. Hal ini pun dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai solusi masalah finansial mereka. Seperti halnya masalah dana pendidikan, pengobatan hingga untuk berbelanja, pinjaman ini bisa mudah diakses.

Apalagi, untuk memperoleh pinjaman hingga jutaan rupiah, Anda tidak perlu lagi untuk pergi ke bank. Cukup manfaatkan smartphone Anda, maka transfer dana akan secepatnya dilakukan sesuai prosedur.

Macam-Macam Biaya Jika Memakai Pinjaman Pribadi Non Bank

Saat memakai pinjaman, maka dan biaya-biaya yang harus dibayarkan. Hal ini telah menjadi resiko yang dimaklumi oleh pemohon. Bagi pemohon pinjaman, berikut ini adalah berbagai macam biaya yang disyaratkan pemberi pinjaman/ pendana. Kenyataannya setiap pemberi pinjaman menerapkan biaya-biaya yang bisa saja berbeda.  

  • Biaya provisi
    Termasuk pada pinjaman tanpa agunan atau KTA, pemohon akan dikenakan jenis biata ini. Provisi sendiri merupakan biaya balas jasa karena disetujuinya pinjaman. Banyak pula yang menyamakan biaya provisi dengan biaya administrasi.
  • Biaya dimuka
    Biaya ini dibayarkan di luar cicilan nasabah yang nominalnya tergantung dari pihak pemberi pinjaman. 
  • Biaya berupa bunga
    Pada setiap kredit baik di bank maupun nonbank, selalu ada bunga yang harus dibayarkan. Besarannya berbeda-beda tergantung kebijakan si pemberi pinjaman.

    Untuk kredit atau pinjaman tanpa agunan, biasanya besaran bunga akan lebih tinggi. Hal ini untuk meminimalisir kerugian pihak bank atau non bank pemberi pinjaman karena tidak adanya aset yang dijaminkan.
  • Biaya pinalti
    Jika pelunasan pinjaman tanpa agunan apapun dipercepat pelunasannya, maka akan ada biaya pinalti. Nominalnya pun berbeda-beda tergantung dari pihak pemberi pinjaman.

Beberapa jenis biaya di atas adalah contoh yang perlu Anda tahu. Setiap pemberi pinjaman selalu memiliki kebijakan berbeda. Maka, pelajari aturan dan term dari pemberi pinjaman sebelum mengajukan permohonan kredit.

Saat ini, pinjaman pribadi non bank terpercaya telah banyak ditemui dan mudah diakses. Salah satunya adalah pinjaman online atau fintech. Inilah instansi pemberi pinjaman legal yang telah diakui. Untuk memperoleh daftar nama aplikasi dan website fintech online terpercaya, maka simak di situs OJK.

 

PERHATIAN