Kenali Metode 50-30-20 dalam Pengelolaan Keuangan | Finmas - Sahabat Finansial Indonesia
Kenali Metode 50-30-20 dalam Pengelolaan Keuangan

Kenali Metode 50-30-20 dalam Pengelolaan Keuangan

08/10/2019
AUTHOR : RAINER MICHAEL EMANUEL

Saat menerima gaji, banyak orang yang langsung menggunakan uangnya untuk membeli beragam kebutuhan pokok bulanan atau barang lain yang mereka inginkan. Akibatnya, gaji terasa cepat habis meski belum satu bulan berjalan. Inilah pentingnya pengelolaan keuangan yang bijak agar Anda memiliki anggaran untuk menabung atau berinvestasi demi kesehatan finansial Anda di masa depan.

Elizabeth Warren, pakar yang meneliti masalah kebangkrutan finansial di Universitas Harvard, memperkenalkan metode 50-30-20 untuk mengatur keuangan bulanan Anda. Berikut caranya:

  1. Hitung pendapatan bersih setelah pajak
    Sebagai warga negara yang baik, Anda diwajibkan untuk membayar pajak penghasilan (PPh) sesuai peraturan pemerintah setiap bulan. Sebelum Anda menghabiskan gaji Anda, hitunglah nilai pajak yang harus Anda bayar untuk mengetahui besaran gaji bersih yang dapat Anda gunakan untuk keperluan sehari-hari dan di masa mendatang.
  2. Gunakan 50 persen gaji untuk kebutuhan pokok
    Gunakan 50 persen dari nilai gaji bersih Anda untuk kebutuhan pokok seperti cicilan kendaraan atau rumah, premi asuransi, belanja bulanan, dan sebagainya. Sebaiknya Anda membayar seluruh kebutuhan tersebut di awal bulan agar terhindar dari kemungkinan telat bayar atau telanjur menghabiskan uang untuk hal sekunder atau tersier. Selalu pisahkan dana untuk kebutuhan pokok agar pengelolaan keuangan Anda lebih efektif.
  3. Gunakan 30 persen gaji untuk kegemaran pribadi
    Setelah Anda membayar kebutuhan pokok atau tagihan bulanan, inilah saatnya Anda bernapas lebih lega dan menikmati hidup! Manjakan diri Anda dengan menggunakan 30 persen dari gaji bersih untuk keperluan hobi, berbelanja, atau bersenang-senang bersama keluarga, kekasih, atau teman. Namun, tetaplah berhati-hati agar tidak melebihi anggaran. Untuk menyiasatinya, Anda bisa membuat sebuah daftar keinginan beserta perkiraan biaya yang harus dikeluarkan.
  4. Sisihkan 20 persen untuk pengeluaran tak terduga
    Kebutuhan pokok dan bersenang-senang telah terpenuhi dan Anda masih memiliki sisa 20 persen dari gaji bersih Anda. Manfaatkan sisa uang tersebut untuk menabung atau berinvestasi untuk memenuhi kebutuhan di masa depan. Anda juga dapat menyisihkan uang tersebut sebagai dana darurat untuk menghadapi situasi tak terduga seperti sakit atau membantu sanak-saudara yang membutuhkan. Jangan lupa sisihkan sebagian penghasilan Anda untuk beramal. Dengan rumus 50-30-20, penghasilan Anda tidak hilang tanpa jejak karena Anda memiliki metode pengaturan keuangan yang lebih bijak dan terencana.