Ini yang Harus Anda Terapkan Jika Tak  Mau Rugi Ajukan Pinjaman di Fintech bagi UKM

Ini yang Harus Anda Terapkan Jika Tak Mau Rugi Ajukan Pinjaman di Fintech bagi UKM

28/02/2021

Fintech merupakan salah satu tren yang saat ini banyak sekali digunakan masayarakat. Dengan memanfaatkan teknologi, maka informasi masalah finansial sekaligus solusi masalah finansial pun bisa diteratasi. Salah satunya adalah produk pinjaman modal usaha tanpa jaminan melalui P2P Lending.

Yang dimaksud dengan P2P Lending adalah Peer to Peer Lending. Inilah penyelenggara jasa keuangan yang mempertemukan antara pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman. Prosesnya bsia dilakukan melalui sistem elektronik dengan bantuan jaringan internet. Jadi, pengajuan pinjaman bisa Anda lakukan dimana saja bahkan tanpa harus keluar rumah.

P2P Lending bagi UKM Indonesia

Pemanfaatan P2P ini sangatlah luas dan umum. Salah satunya adalah untuk modal usaha. Anda bisa menyebutnya sebagai pinjaman online yang mudah dan praktis digunakan. Kehadirannya bisa dimanfaatkan oleh para UKM atau Usaha Kecil Menengah baik untuk memulai usaha maupun untuk mengembangkan usaha.

Keuntungan bagi UKM dalam pengajuan pinjaman ini adalah :

  • Syarat mudah tanpa survey seperti halnya bank
  • Proses cepat tanpa hitungan hari, tergantung kebijakan jasa pemberi pinjaman yang bersangkutan
  • Aksesnya bisa lewat internet sehingga bisa disebut pinjaman instan
  • Tenornya singkat dengan limit yang terbatas

Pengajuan pinjaman ini bisa untuk modal usaha mikro. Artinya, modal usaha yang diperlukan adalah dalam jumlah yang kecil. Pasalnya, fintech tertentu tidak menawarkan limit yang besar seperti halnya di Finmas.

Pinjaman bagi UKM merupakan hal yang biasa. Bahkan perusahaan besar sekalipun sangat wajar jika memiliki pinjaman karena bisa membuat perusahaan memperoleh keuntungan berkali-kali lipat. Namun agar tidak rugi, terapkan cara cerdasnya terlebih dahulu :

  • Anda harus pintar-pintar belajar bagaimana uang bisa tumbuh
  • Tentukan jenis pinjaman mana yang terbaik
  • Tentukan tenor sesuai dengan  pendapatan dan penghasilan dari usaha yang dijalani
  • Tentukan jumlah pinjaman sesuai dengan skala usaha dan prospek perusahaan ke depan
  • Jangan pernah telat membayar angsuran karena bisa merusak managemenn keuangan usaha Anda di bulan selanjutnya.

Itulah cara-cara yang bisa diterapkan agar pinjaman modal usaha tanpa jaminan di fintech tidak membuat Anda rugi. Pastikan pula hanya di fintech dan pinjaman P2P legal yang jadi pilihan Anda. Salah satunya adalah Finmas fintech legal berizin OJK yang telah menjadi andalan masyarakat di Indonesia.

PERHATIAN