Hal-Hal Yang Menjadi Prioritas Keuangan Single Mother | Finmas - Sahabat Finansial Indonesia
Hal-Hal Yang Menjadi Prioritas Keuangan Single Mother

Hal-Hal Yang Menjadi Prioritas Keuangan Single Mother

11/06/2019
AUTHOR : RAINER MICHAEL EMANUEL

Berdasarkan survey BPS yang dilakukan pada tahun 2013, jumlah wanita yang bekerja semakin meningkat setiap tahunnya. Dari 114 juta, 38% di antaranya adalah pekerja wanita. Kesetaraan gender dan aktualisasi diri memacu wanita untuk dapat berkiprah dan turut mengambil peran sebagai pencari nafkah dalam keluarga khususnya single mother. Namun seorang single mother wajib memiliki perencanaan yang matang untuk keuangannya guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Berikut 6 prioritas keuangan yang harus disiapkan single mother :

Kebutuhan Rutin

Yang paling utama adalah membayar kebutuhan rutin terlebih dahulu. Jangan pernah lupa untuk menyisihkan penghasilan untuk membayar listrik, membayar cicilan KPR atau sewa rumah, karena inilah pengeluaran yang memastikan Anda dapat dapat bertahan hidup dalam jangka pendek. Jangan lupa untuk membuat budget bulanan untuk mengetahui pengeluaran apa saja yang dapat dihemat dan yang tidak.

Dana Darurat

Sisihkan sebagian penghasilan Anda setiap bulan untuk tabungan dana darurat, yang akan Anda butuhkan ketika ada anggota keluarga yang sakit, atau ketika Anda mengalami hal yang tidak diinginkan semisal terkena PHK dari tempat kerja. Berapa besaran dana darurat yang ideal? Jika Anda memiliki 1 anak, dana darurat seharusnya 9-11 kali pengeluaran bulanan, sedangkan jika anak Anda lebih dari dua, sebaiknya Anda menyisihkan 12-14 kali pengeluaran bulanan sebagai dana darurat.

Asuransi Jiwa

Andalah menjadi satu-satunya tempat bergantung yang dimiliki oleh anak-anak Anda. Apa yang akan terjadi pada anak-anak Anda jika tiba-tiba terjadi sesuatu kepada Anda? Oleh karena itu, asuransi jiwa sangatlah wajib Anda miliki sebagai proteksi dalam menjamin kehidupan anak-anak Anda.

Dana Pensiun

Bagaimanapun juga, Anda harus memikirkan tentang masa depan Anda. Bagaimana jika Anda sudah memasuki masa pensiun dan tidak lagi memiliki penghasilan yang rutin? Sisihkan sedikit dari penghasilan bulanan Anda untuk kebutuhan Dana Pensiun ini. Ingat, dana pensiun dari perusahaan belum tentu cukup untuk memenuhi kebutuhan dana pensiun Anda nanti.

Asuransi Kesehatan

Jika telah memiliki asuransi kesehatan dari kantor, Anda dapat menaruh asuransi kesehatan ini di prioritas ke-6. Namun jika perusahaan tidak memiliki asuransi kesehatan yang memadai dan cukup, maka ada baiknya Anda memprioritaskan asuransi kesehatan di atas dana darurat. 

Tabungan Sekolah Anak

Tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan Pendidikan menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan seorang single mother. Jika Anda berpenghasilan cukup tinggi anda bisa memulai untuk membuat tabungan khusus untuk Pendidikan anak. Namun jika Anda memiliki masalah keuangan dan harus memilih antara masa depan Anda dan biaya kuliah anak, ada baiknya Anda memfokuskan diri pada masa depan Anda terlebih dahulu. Telah banyak institusi yang memberikan beasiswa kepada anak-anak berprestasi, dan Anda harus mulai memberikan dorongan kepada anak untuk mendapatkan beasiswa.

 

PERHATIAN