Hal-Hal Yang Menjadi Prioritas Keuangan Single Mother

Hal-Hal Yang Menjadi Prioritas Keuangan Single Mother

11/06/2019
AUTHOR : RAINER MICHAEL EMANUEL

Berdasarkan survey BPS yang dilakukan pada tahun 2013, jumlah wanita yang bekerja semakin meningkat setiap tahunnya. Dari 114 juta, 38% di antaranya adalah pekerja wanita. Kesetaraan gender dan aktualisasi diri memacu wanita untuk dapat berkiprah dan turut mengambil peran sebagai pencari nafkah dalam keluarga khususnya single mother. Namun seorang single mother wajib memiliki perencanaan yang matang untuk keuangannya guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Berikut 6 prioritas keuangan yang harus disiapkan single mother :

Kebutuhan Rutin

Yang paling utama adalah membayar kebutuhan rutin terlebih dahulu. Jangan pernah lupa untuk menyisihkan penghasilan untuk membayar listrik, membayar cicilan KPR atau sewa rumah, karena inilah pengeluaran yang memastikan Anda dapat dapat bertahan hidup dalam jangka pendek. Jangan lupa untuk membuat budget bulanan untuk mengetahui pengeluaran apa saja yang dapat dihemat dan yang tidak.

Dana Darurat

Sisihkan sebagian penghasilan Anda setiap bulan untuk tabungan dana darurat, yang akan Anda butuhkan ketika ada anggota keluarga yang sakit, atau ketika Anda mengalami hal yang tidak diinginkan semisal terkena PHK dari tempat kerja. Berapa besaran dana darurat yang ideal? Jika Anda memiliki 1 anak, dana darurat seharusnya 9-11 kali pengeluaran bulanan, sedangkan jika anak Anda lebih dari dua, sebaiknya Anda menyisihkan 12-14 kali pengeluaran bulanan sebagai dana darurat.

Asuransi Jiwa

Andalah menjadi satu-satunya tempat bergantung yang dimiliki oleh anak-anak Anda. Apa yang akan terjadi pada anak-anak Anda jika tiba-tiba terjadi sesuatu kepada Anda? Oleh karena itu, asuransi jiwa sangatlah wajib Anda miliki sebagai proteksi dalam menjamin kehidupan anak-anak Anda.

Dana Pensiun

Bagaimanapun juga, Anda harus memikirkan tentang masa depan Anda. Bagaimana jika Anda sudah memasuki masa pensiun dan tidak lagi memiliki penghasilan yang rutin? Sisihkan sedikit dari penghasilan bulanan Anda untuk kebutuhan Dana Pensiun ini. Ingat, dana pensiun dari perusahaan belum tentu cukup untuk memenuhi kebutuhan dana pensiun Anda nanti.

Asuransi Kesehatan

Jika telah memiliki asuransi kesehatan dari kantor, Anda dapat menaruh asuransi kesehatan ini di prioritas ke-6. Namun jika perusahaan tidak memiliki asuransi kesehatan yang memadai dan cukup, maka ada baiknya Anda memprioritaskan asuransi kesehatan di atas dana darurat. 

Tabungan Sekolah Anak

Tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan Pendidikan menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan seorang single mother. Jika Anda berpenghasilan cukup tinggi anda bisa memulai untuk membuat tabungan khusus untuk Pendidikan anak. Namun jika Anda memiliki masalah keuangan dan harus memilih antara masa depan Anda dan biaya kuliah anak, ada baiknya Anda memfokuskan diri pada masa depan Anda terlebih dahulu. Telah banyak institusi yang memberikan beasiswa kepada anak-anak berprestasi, dan Anda harus mulai memberikan dorongan kepada anak untuk mendapatkan beasiswa.

 

PERHATIAN

Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi merupakan kesepakatan perdata antara Pemberi Dana dengan Penerima Dana, sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.

·       Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Dana. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas risiko gagal bayar ini.

·       Penyelenggara dengan persetujuan dari masing-masing Pengguna (Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana) mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola dan/atau menggunakan data pribadi Pengguna ("Pemanfaatan Data") pada atau di dalam benda, perangkat elektronik (termasuk smartphone atau telepon seluler), perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), dokumen elektronik, aplikasi atau sistem elektronik milik Pengguna atau yang dikuasai Pengguna, dengan memberitahukan tujuan, batasan dan mekanisme Pemanfaatan Data tersebut kepada Pengguna yang bersangkutan sebelum memperoleh persetujuan yang dimaksud.

·       Pemberi Dana yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pendanaan, disarankan untuk tidak menggunakan layanan FINMAS ini.

·       Penerima Dana harus mempertimbangkan tingkat bunga Dana dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi Dana.

·       Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial.

·       Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum membuat keputusan menjadi Pemberi Dana atau Penerima Dana.

·       Pemerintah yaitu dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan, tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan oleh Pengguna, baik Pemberi Dana maupun Penerima Dana (baik karena kesengajaan atau kelalaian Pengguna) terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan maupun kesepakatan atau perikatan antara Penyelenggara (dalam hal ini adalah “FINMAS”) dengan Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana.

·       Setiap transaksi dan kegiatan pendanaan atau pelaksanaan kesepakatan mengenai pendanaan antara atau yang melibatkan FINMAS, Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana wajib dilakukan melalui escrow account dan virtual account sebagaimana yang diwajibkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10/POJK.05/2022 tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi dan pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap ketentuan tersebut merupakan bukti telah terjadinya pelanggaran hukum oleh FINMAS sehingga FINMAS wajib menanggung ganti rugi yang diderita oleh masing-masing Pengguna sebagai akibat langsung dari pelanggaran hukum tersebut diatas tanpa mengurangi hak Pengguna yang menderita kerugian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.