Hal yang Harus Diketahui Keluarga tentang Pinjaman | Finmas - Sahabat Finansial Indonesia
Hal yang Harus Diketahui Keluarga tentang Pinjaman

Hal yang Harus Diketahui Keluarga tentang Pinjaman

10/09/2019
AUTHOR : RAINER MICHAEL EMANUEL

Fasilitas pemberi pinjaman daring terus bermunculan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan dana tambahan untuk berbagai kebutuhan. Pada saat-saat tertentu, Anda mungkin pernah mempertimbangkan untuk mengajukan pinjaman daring. Dalam situasi apapun, jangan lupa beritahu anggota keluarga terdekat bahwa Anda akan menarik dana penyedia layanan satu pinjaman daring, tentu saja yang resmi dan tepercaya, agar mereka mengerti alasan Anda. Berikut sejumlah situasi yang mungkin memaksa Anda melakukan pinjaman;

  1. Kebutuhan Mendesak
    Meski Anda memiliki tabungan, kadang Anda membutuhkan dana tambahan yang cepat di tengah kondisi mendesak atau darurat. Misalnya, saat ada anggota keluarga yang harus dirawat di rumah sakit, rumah rusak dan harus direnovasi, pernikahan, atau kebutuhan tambahan modal usaha. Keluarga pun pasti mengerti jika Anda membutuhkan dana tambahan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Tetapi jika kebutuhan dana tambahan ini di luar keperluan keluarga, sebaiknya Anda membicarakannya dengan rinci dan jelas agar keluarga Anda dapat membantu memastikan bahwa dana tambahan ini digunakan sesuai rencana. Tentunya besaran pinjaman juga harus disesuaikan dengan kemampuan Anda membayar kembali atau mencicil.
  2. Membeli Aset yang Menguntungkan
    Anda ingin memiliki studio musik untuk memulai bisnis sampingan yang sesuai dengan hobi Anda. Lalu,  Anda mengajukan pinjaman untuk membeli seluruh perlengkapan studio. Langkah ini tepat karena aset yang Anda beli dapat menghasilkan uang yang bisa melebihi jumlah pinjaman. Namun, jangan lupa untuk memberitahu keluarga Anda bahwa pinjaman ini bersifat produktif dan akan menghasilkan uang sesuai dengan perencanaan matang Anda.
  3. Meminjam Bukan Berarti Tidak Mampu
    Anggota keluarga Anda perlu mengetahui bahwa saat Anda tidak berada dalam kondisi finansial yang buruk saat melakukan pinjaman. Misalnya, Anda tidak akan berhasil mendapatkan KPR untuk membeli rumah dengan cara mencicil jika perekonomian Anda sedang terpuruk, karena proses KPR sendiri membutuhkan dana yang tidak sedikit. Anda harus menyediakan dana untuk membayar uang muka, biaya notaris, BPHTB, dan kebutuhan-kebutuhan administrasi lainnya. Keluarga harus mengetahui bahwa meminjam tidak berarti Anda tidak mampu, namun, merupakan bagian dari strategi Anda untuk mendapatkan aset yang harganya akan terus melambung tinggi.