Catat! Dokumen Wajib untuk Mengajukan Pinjaman Kredit Tanpa Jaminan

Catat! Dokumen Wajib untuk Mengajukan Pinjaman Kredit Tanpa Jaminan

05/04/2021

Pinjaman tanpa jaminan dan syarat kini sudah semakin mudah diakses. Hanya dengan mengunduh aplikasi di smartphone saja, pengajuan pinjaman Anda sudah bisa diproses dengan mudah dan cepat.

Manfaat dari pinjaman tanpa jaminan ini pun sebetulnya sangat luas. Salah satunya adalah digunakan untuk hal produktif seperti modal usaha. Apalagi, cara pengajuannya juga mudah saat ini. Namun meskipun begitu, Anda tetap perlu menyiapkan beberapa dokumen dengan tepat saat mengajukan pinjaman jenis ini ya.

Siapkan Dokumen Untuk Pinjam Yang Tanpa Jaminan dan Syarat Apapun

Adanya dokumen merupakan bentuk validasi data pribadi Anda. Karena itulah, jangan sampai melewatkan syarat dan ketentuannya. Adanya dokumen yang tidak ikut terlampir akan mempersulit pencarian pinjaman.

Masing-masing pemberi pinjaman online atau fintech memiliki syarat dokumen yang berbeda. Namun demikian, beberapa dokumen di bawah ini biasanya adalah hal wajib yang perlu dilampirkan agar proses pinjaman lebih cepat cair :

  • Data pribadi
  • Informasi pekerjaan
  • Nomor rekening
  • KTP

Beberapa fintech bisa jadi mensyaratkan adanya lampiran data dan dokumen lain. Dengan mengunggah data dan dokumen, maka pengajuan pinjaman akan diproses. Namun Anda harus menunggu hingga pengajuan dikonfirmasi. 

Pemberitahuan atau konfirmasi pengajuan ini biasanya akan disampaikan kepada Anda melalui pesan teks baik melalui email maupun SMS untuk memberitahukan apakah pinjaman di setujui atau tidak.

Untuk jangka waktunya, biasanya fintech pinjaman online memberikan jangka waktu dua minggu hingga sebulan atau sesuai dengan ketentuan pembayaran yang diinginkan si pemohon. Untuk besarnya bunga sendiri beragam antar aplikasi fintech satu dengan yang lainnya.

Apa yang Mempengaruhi Lolos Tidaknya Pinjaman?

Kelengkapan data dan dokumen menjadi salah satu faktor penting dalam pencairan pinjaman. Selain itu, riwayat kredit juga memberikan pengaruh yang besar. Karena hal itulah, maka sebisa mungkin miliki riwayat kredit yang baik. 

Dalam pengajuan kredit pun, Anda perlu memperhatikan tentang semua syarat dan ketentuan yang ada. Dalam hal ini, yang termasuk informasi penting adalah besaran bunga yang diberikan. Jangan lupa untuk memberikan data yang benar dan nomor telepon aktif. 

Besaran bunga di pinjaman online atau fintech ini memang bisa dibilang besar. Akan tetapi, di pinjam yang tanpa jaminan dan syarat apapun ada banyak kelebihan yang didapatkan oleh pemohon pinjaman. Beberapa diantaranya adalah prosesnya cepat, syarat mudah, dan tanpa jaminan apapun. 

 

PERHATIAN

Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi merupakan kesepakatan perdata antara Pemberi Dana dengan Penerima Dana, sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.

·       Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Dana. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas risiko gagal bayar ini.

·       Penyelenggara dengan persetujuan dari masing-masing Pengguna (Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana) mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola dan/atau menggunakan data pribadi Pengguna ("Pemanfaatan Data") pada atau di dalam benda, perangkat elektronik (termasuk smartphone atau telepon seluler), perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), dokumen elektronik, aplikasi atau sistem elektronik milik Pengguna atau yang dikuasai Pengguna, dengan memberitahukan tujuan, batasan dan mekanisme Pemanfaatan Data tersebut kepada Pengguna yang bersangkutan sebelum memperoleh persetujuan yang dimaksud.

·       Pemberi Dana yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pendanaan, disarankan untuk tidak menggunakan layanan FINMAS ini.

·       Penerima Dana harus mempertimbangkan tingkat bunga Dana dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi Dana.

·       Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial.

·       Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum membuat keputusan menjadi Pemberi Dana atau Penerima Dana.

·       Pemerintah yaitu dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan, tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan oleh Pengguna, baik Pemberi Dana maupun Penerima Dana (baik karena kesengajaan atau kelalaian Pengguna) terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan maupun kesepakatan atau perikatan antara Penyelenggara (dalam hal ini adalah “FINMAS”) dengan Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana.

·       Setiap transaksi dan kegiatan pendanaan atau pelaksanaan kesepakatan mengenai pendanaan antara atau yang melibatkan FINMAS, Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana wajib dilakukan melalui escrow account dan virtual account sebagaimana yang diwajibkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10/POJK.05/2022 tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi dan pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap ketentuan tersebut merupakan bukti telah terjadinya pelanggaran hukum oleh FINMAS sehingga FINMAS wajib menanggung ganti rugi yang diderita oleh masing-masing Pengguna sebagai akibat langsung dari pelanggaran hukum tersebut diatas tanpa mengurangi hak Pengguna yang menderita kerugian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.