Cara Sukses Hidup Sesuai Dengan Kemampuan Anda | Finmas - Sahabat Finansial Indonesia
Cara Sukses Hidup Sesuai Dengan Kemampuan Anda

Cara Sukses Hidup Sesuai Dengan Kemampuan Anda

28/05/2019
AUTHOR : RAINER MICHAEL EMANUEL

Kalimat "Hidup sesuai kemampuan Anda" berarti pengeluaran belanja setiap bulan Anda harus kurang dari atau setidaknya sama dengan jumlah pendapatan yang Anda hasilkan setiap bulan Mungkin bagi beberapa orang hal ini sangat mudah jika diucapkan daripada dilakukan. Kartu kredit, pinjaman, tabungan, dan bahkan pinjaman darurat memungkinkan Anda membeli lebih banyak barang diluar kapasitas penghasilan Anda. Tetapi sayangnya, gaya hidup semacam itu tidak dapat bertahan lama bahkan pada titik tertentu, Anda akan dikejar oleh pengeluaran boros Anda. Tabungan dan akses Anda ke kredit akan habis dan ketika itu terjadi, Anda akan dipaksa untuk melakukan beberapa perubahan penting atau menghadapi kehancuran finansial.

  1. Mengetahui Penghasilan Sendiri
    Jika Anda ingin hidup sesuai kemampuan Anda, Anda harus tahu apa kemampuan Anda. Mengetahui gaji tahunan atau tarif per jam Anda tidak cukup untuk membantu Anda hidup sesuai kemampuan Anda. Anda perlu mengetahui penghasilan bersih dari gaji bulanan dan Anda juga perlu tahu seberapa sering Anda dibayar, karena sebagian besar tagihan pasti harus dibayar dalam bulanan, jadi Anda harus tahu berapa banyak Anda dibayar setiap bulan.
  2. Buat Anggaran untuk Pengeluaran
    Setelah Anda tahu berapa banyak yang Anda hasilkan, maka sekarang Anda dapat fokus untuk mengurangi pengeluaran Anda agar sesuai dengan penghasilan Anda. Jika Anda belum memilikinya, gunakan anggaran untuk merencanakan pengeluaran Anda dan menjaga pengeluaran Anda tetap pada jalurnya. Jika Anda sudah mencoba membuat anggaran dan tidak berhasil, Anda coba lagi. Terkadang Anda hanya perlu melakukan beberapa perubahan kecil pada anggaran Anda untuk membuatnya berfungsi.
  3. Tingkatkan Penghasilan
    Jika pengeluaran Anda sudah masuk dalam tahap minimal, tetapi ternyata Anda masih menghabiskan lebih banyak uang daripada yang Anda hasilkan, maka Anda perlu meningkatkan penghasilan Anda. Jika biasanya Anda mendapatkan pengembalian pajak, Anda mungkin dapat menyesuaikan pemotongan pajak untuk mendapatkan lebih banyak uang dalam gaji Anda. Anda juga harus memastikan bahwa Anda terdaftar dalam mendapatkan asuransi kesehatan, cacat, dan beberapa manfaat lainnya yang diberikan perusahaan Anda. Pada akhirnya, Anda mungkin perlu mendapatkan pekerjaan lain yang memiliki bayaran lebih tinggi atau bahkan pekerjaan sampingan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kuncinya adalah melakukan apa yang perlu Anda lakukan untuk menghasilkan uang yang cukup untuk membayar semua pengeluaran yang diperlukan.
  4. Hemat Kepada Pengeluaran
    Orang-orang sering menggunakan kartu kredit untuk membeli sesuatu dalam skala besar yang mereka tidak mampu membayarnya secara langsung, seperti televisi baru. Alih-alih membayar pembelian ini secara kredit, sisihkan sejumlah uang setiap bulan sampai Anda dapat menabung dengan cukup banyak untuk membelinya langsung. Jika Anda tidak mampu menabung untuk melakukan pembelian, maka Anda tidak mampu membelinya. Anda pun harus selalu ingat akan peribahasa “Jangan Lebih Besar Pasak Daripada Tiang”.