Cara Mudah Melindungi Data Pribadi dari Pencuri Data | Finmas - Sahabat Finansial Indonesia
Cara Mudah Melindungi Data Pribadi dari Pencuri Data

Cara Mudah Melindungi Data Pribadi dari Pencuri Data

23/04/2019
AUTHOR : RAINER MICHAEL EMANUEL

Memiliki kehidupan digital online yang produktif dan aman merupakan hal yang penting bagi Anda dan keluarga Anda untuk mendapatkan yang terbaik dari pengalaman menggunakan aplikasi online yang begitu beragam, khususnya dalam hal pinjaman daring. Seluruh kegiatan Anda dari mulai berbelanja, mencari informasi baru, hingga bersosialisasi dengan teman-teman di media social semua ini dapat kalian akses hanya dalam genggaman. Prioritas utama adalah melindungi informasi pribadi Anda dari virus, spyware, dan peretas agar tidak mengganggu kehidupan online para konsumen.

Berikut 8 tips untuk membantu menjaga informasi pribadi Anda agar tetap aman:

  1. Hindari mengklik tautan atau lampiran
    Para penjahat dunia maya dapat menipu para pengguna agar mengklik tautan yang diduga dari bank, operator telekomunikasi, perusahaan listrik atau gas, layanan pajak dan organisasi sah lainnya. Lakukan riset kecil sebelum Anda mengklik tautan atau lampiran tersebut apakah ada kesalahan ejaan atau alamat email yang tampaknya tidak benar. 
  2. Kata sandi adalah kunci keamanan Anda dalam dunia digital
    Gunakan kata sandi yang unik dan kompleks dengan kombinasi huruf, angka, dan simbol huruf besar dan kecil dan jangan gunakan kata sandi yang sama di seluruh akun Anda. Kepercayaan kepada pasangan menjadi sama pentingnya dengan #KepercayaanDaring terkait pinjaman online.
  3. Amankan identitas Anda
    Jangan membagikan kata sandi anda atau membuat kata sandi yang mudah ditebak. Pastikan untuk mengubahnya secara berkala. Pastikan jadi #KonsumenBijak dengan rajin-rajin mengganti kata sandi yang Kamu miliki.
  4. Backup data Anda
    Jika komputer Anda terinfeksi oleh ransomware, malware, atau crashes, satu-satunya cara untuk memastikan bahwa data Anda tidak hilang adalah dengan mencadangkannya secara teratur. Ini juga berarti bahwa jika Anda salah menaruh data atau menghapus sesuatu secara tidak sengaja, data tersebut dapat dipulihkan. Supaya #BelanjaNyaman di online melalui aplikasi Finshop memiliki back-up data menjadi amat penting
  5. Pastikan bahwa Anda memiliki paket keamanan internet yang kuat 
    Dengan ancaman online yang semakin canggih, tingkat keamanan perlu ditingkatkan. Pilihkah paket keamanan yang paling terbaru sehingga dapat menangkal virus-virus baru yang datang.
  6. Jaga agar semua perangkat lunak di PC Anda tetap mutakhir dengan pembaruan terbaru
    Dengan menjaga agar perangkat lunak Anda tetap mutakhir, potensi kerentanan dapat ditambal dan menjaga PC dari kejahatan cyber.
  7. Verifikasi tiap situs web yang anda buka 
    Sebelum memasukkan detail pembayaran ke situs web apa pun, periksa apakah URL dimulai dengan “https” dimana "s" adalah singkatan dari "secure". Hindari jika situs yang anda buka memiliki kesalahan ketik atau tidak ada bukti dari informasi keamanan atau simbol yang dikenali.
  8. Apapun yang ada di Internet, akan selalu ada di Internet
    Apa pun yang Anda unggah secara online, akan selalu ada di luar sana untuk dilihat semua orang. Jadi berhati-hatilah dengan informasi yang Anda bagikan di profil media sosial Anda dan ke situs mana Anda mendaftar.
PERHATIAN