Cara Mudah Kurangi Tagihan Bulanan

Cara Mudah Kurangi Tagihan Bulanan

15/10/2019
AUTHOR : RAINER MICHAEL EMANUEL

Melakukan penghematan biaya bulanan perlu Anda lakukan agar dapat mengalokasikan lebih banyak dana untuk tabungan atau investasi. Masalahnya, tidak semua orang mampu berdisiplin untuk berhemat dan mengurangi pengeluaran bulanannya.

Cara terbaik agar bisa melakukan penghematan dengan mudah adalah menerapkannya secara bertahap dan perlahan-lahan. Mulailah dari hal-hal kecil sebelum melangkah untuk menghemat pengeluaran yang lebih besar.

Berikut ini beberapa pengeluaran yang bisa Anda hemat setiap bulannya:

  1. Tinggalkan kebiasaan yang tidak sehat
    Merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan Anda di masa depan. Bukan hanya masalah kesehatan, merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol juga menguras pengeluaran bulanan Anda. Mulailah dari sekarang untuk menghentikan kebiasaan tersebut dan alihkan ke aktivitas yang lebih bermanfaat. Anda pun dapat berhemat lebih banyak.
  2. Menggunakan pinjaman daring saat terdesak
    Saat Anda membutuhkan dana yang bersifat mendesak, cobalah untuk menggunakan fasilitas pinjaman daring. Selain prosesnya yang mudah, dana juga akan lebih cepat cair sehingga dapat Anda gunakan segera. Anda pun dapat lebih leluasa mengatur tenor pengembalian pinjaman agar tidak mengganggu pengeluaran bulanan lainnya. Namun, sebelum mengambil pinjaman daring, Anda harus mengecek apakah penyedia layanan tersebut terdaftar dengan legal pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menghindari risiko. Gunakanlah platform pinjaman daring seperti Finmas yang telah terdaftar resmi di OJK. 
  3. Cari hiburan yang murah meriah
    Tidak semua hiburan membutuhkan biaya besar. Jika Anda suka membaca, coba datangi perpustakaan atau tempat membaca lain di kota Anda. Museum atau taman kota juga dapat menjadi alternatif tempat hiburan yang menyenangkan sekaligus mendidik, juga murah.
  4. Periksa biaya langganan gym
    Biaya berlangganan di pusat kebugaran bisa jadi merupakan salah satu pengeluaran bulanan terbesar Anda, terlebih jika Anda hanya datang ke gym satu kali dalam seminggu. Banyak pilihan olahraga yang dapat Anda lakukan dengan biaya yang lebih murah seperti push up, pull up, jogging, sit up, atau olahraga beregu. Anda juga bisa membeli sepasang dumbbell untuk berolahraga angkat beban di rumah sebelum atau sepulang bekerja. Ini tentu akan jauh lebih hemat jika dibandingkan biaya keanggotaan pusat kebugaran yang jarang Anda gunakan.
  5. Menggunakan transportasi umum
    Jika tempat tinggal Anda dekat dengan sarana transportasi umum, tidak ada salahnya untuk menggunakannya. Dengan menggunakan transportasi publik, Anda dapat menghemat biaya bensin, parkir, dan berbagai biaya pemeliharaan kendaraan lainnya. Selain itu, saat ini pun sudah banyak layanan transportasi online yang semakin memudahkan hidup Anda dengan biaya relative terjangkau dan sesuai dengan jarak akan Anda tempuh. 

 

PERHATIAN

 

 

·       Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi merupakan kesepakatan perdata antara Pemberi Dana dengan Penerima Dana, sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.

 

 

 

·       Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Dana. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas risiko gagal bayar ini.

 

 

 

·       Penyelenggara dengan persetujuan dari masing-masing Pengguna (Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana) dapat mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola dan/atau menggunakan data pribadi Pengguna ("Pemanfaatan Data") pada atau di dalam benda, perangkat elektronik (termasuk smartphone atau telepon seluler), perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), dokumen elektronik, aplikasi atau sistem elektronik milik Pengguna atau yang dikuasai Pengguna, dengan memberitahukan tujuan, batasan dan mekanisme Penggunaan Informasi Personal tersebut kepada Pengguna yang bersangkutan sebelum memperoleh persetujuan yang dimaksud.

 

 

 

·       Pemberi Dana yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pendanaan, disarankan untuk tidak menggunakan Layanan FINMAS ini.

 

 

 

·       Penerima Dana harus mempertimbangkan tingkat bunga Dana dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi Dana.

 

 

 

·       Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial. 

 

 

 

·       Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum membuat keputusan menjadi Pemberi Dana atau Penerima Dana.

 

 

 

·       Pemerintah yaitu dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan, tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan oleh Pengguna, baik Pemberi Dana maupun Penerima Dana (baik karena kesengajaan atau kelalaian Pengguna) terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan maupun kesepakatan atau perikatan antara Penyelenggara (dalam hal ini adalah “Perusahaan”) dengan Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana.

 

 

 

·       Setiap transaksi dan kegiatan pinjam meminjam atau pelaksanaan kesepakatan mengenai pinjam meminjam antara atau yang melibatkan Perusahaan, Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana wajib dilakukan melalui rekening penampungan (escrow account) dan rekening virtual (virtual account) sebagaimana yang diwajibkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10 /POJK.05/2022tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi dan pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap ketentuan tersebut merupakan bukti telah terjadinya pelanggaran hukum oleh Perusahaan sehingga Perusahaan wajib menanggung ganti rugi yang diderita oleh masing-masing Pengguna sebagai akibat langsung dari pelanggaran hukum tersebut diatas tanpa mengurangi hak Pengguna yang menderita kerugian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

 

 

 

·       Dengan menggunakan Layanan Finmas, maka Suku Bunga, Tanggal Jatuh Tempo, Denda Keterlambatan, dan Biaya-Biaya Lainnya akan mengacu pada Perjanjian Pendanaan antara Pemberi Dana dan Penerima Dana yang merupakan perjanjian yang mengikat Para Pihak.