Cara Mudah Kurangi Tagihan Bulanan | Finmas - Sahabat Finansial Indonesia
Cara Mudah Kurangi Tagihan Bulanan

Cara Mudah Kurangi Tagihan Bulanan

15/10/2019
AUTHOR : RAINER MICHAEL EMANUEL

Melakukan penghematan biaya bulanan perlu Anda lakukan agar dapat mengalokasikan lebih banyak dana untuk tabungan atau investasi. Masalahnya, tidak semua orang mampu berdisiplin untuk berhemat dan mengurangi pengeluaran bulanannya.

Cara terbaik agar bisa melakukan penghematan dengan mudah adalah menerapkannya secara bertahap dan perlahan-lahan. Mulailah dari hal-hal kecil sebelum melangkah untuk menghemat pengeluaran yang lebih besar.

Berikut ini beberapa pengeluaran yang bisa Anda hemat setiap bulannya:

  1. Tinggalkan kebiasaan yang tidak sehat
    Merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan Anda di masa depan. Bukan hanya masalah kesehatan, merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol juga menguras pengeluaran bulanan Anda. Mulailah dari sekarang untuk menghentikan kebiasaan tersebut dan alihkan ke aktivitas yang lebih bermanfaat. Anda pun dapat berhemat lebih banyak.
  2. Menggunakan pinjaman daring saat terdesak
    Saat Anda membutuhkan dana yang bersifat mendesak, cobalah untuk menggunakan fasilitas pinjaman daring. Selain prosesnya yang mudah, dana juga akan lebih cepat cair sehingga dapat Anda gunakan segera. Anda pun dapat lebih leluasa mengatur tenor pengembalian pinjaman agar tidak mengganggu pengeluaran bulanan lainnya. Namun, sebelum mengambil pinjaman daring, Anda harus mengecek apakah penyedia layanan tersebut terdaftar dengan legal pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menghindari risiko. Gunakanlah platform pinjaman daring seperti Finmas yang telah terdaftar resmi di OJK. 
  3. Cari hiburan yang murah meriah
    Tidak semua hiburan membutuhkan biaya besar. Jika Anda suka membaca, coba datangi perpustakaan atau tempat membaca lain di kota Anda. Museum atau taman kota juga dapat menjadi alternatif tempat hiburan yang menyenangkan sekaligus mendidik, juga murah.
  4. Periksa biaya langganan gym
    Biaya berlangganan di pusat kebugaran bisa jadi merupakan salah satu pengeluaran bulanan terbesar Anda, terlebih jika Anda hanya datang ke gym satu kali dalam seminggu. Banyak pilihan olahraga yang dapat Anda lakukan dengan biaya yang lebih murah seperti push up, pull up, jogging, sit up, atau olahraga beregu. Anda juga bisa membeli sepasang dumbbell untuk berolahraga angkat beban di rumah sebelum atau sepulang bekerja. Ini tentu akan jauh lebih hemat jika dibandingkan biaya keanggotaan pusat kebugaran yang jarang Anda gunakan.
  5. Menggunakan transportasi umum
    Jika tempat tinggal Anda dekat dengan sarana transportasi umum, tidak ada salahnya untuk menggunakannya. Dengan menggunakan transportasi publik, Anda dapat menghemat biaya bensin, parkir, dan berbagai biaya pemeliharaan kendaraan lainnya. Selain itu, saat ini pun sudah banyak layanan transportasi online yang semakin memudahkan hidup Anda dengan biaya relative terjangkau dan sesuai dengan jarak akan Anda tempuh.