Cara Bijak Menentukan Tenor Pinjaman Bunga Rendah di KTA Online

Cara Bijak Menentukan Tenor Pinjaman Bunga Rendah di KTA Online

10/03/2021

Pinjaman bunga rendah selalu jadi pilihan banyak orang karena proses dan syaratnya sangat mudah. Hal ini harus Anda barengi dengan pembayaran angsuran yang tepat waktu. Dengan demikian, maka riwayat kredit Anda bisa tetap terjaga dan akan lebih mudah ketika ingin mengajukan pinjaman di kemudian hari.

Salah satu cara agar pembayaran cicilan dan pelunasan lebih mudah adalah menentukan tenor pinjaman dengan bijak. Jangan asal memilih tenor tanpa perhitungan yang cerdas.

Bagaimana Cara Menentukan Tenor Pinjaman di KTA Online?

Sebelumnya, Anda harus pahami dulu apa yang dimaksud dengan tenor. Istilah tersebut digunakan dalam bidang finance baik dalam pengajuan kredit ke bank maupun non bank. 

Tenor sering kali diasosiasikan dengan satuan bulan. Jadi, ketika Anda meminjam di bank atau lembaga non bank, Anda harus menentukan berapa lama lama pinjaman akan diangsur. Anda bisa melunasi pinjaman dalam jangka waktu 6, 12, 18 bulan ataupun lebih tergantung kebijakan lembaga keuangan yang bersangkutan.

Jadi, tenor adalah jangka waktu pinjaman yang telah disepakati debitur dan kreditur. Selama jangka waktu tersebut, Anda harus membayar setoran setiap bulannya.  Dalam menentukan jangka waktu atau tenor ini, maka pertimbangkan beberapa hal, yaitu :

  • Besaran pinjaman
    Angsuran yang kamu bayar merupakan gabungan antara bunga dan juga angsuran pokok. Jadi, Anda bisa menghitung sendiri berapa jumlah cicilan dan angsuran perbulannya.
    Semakin lama Anda mengambil jangka watunya, maka akan semakin kecil nilai angsuran. Namun ingat bahwa selama jangka waktu tersebut, ada bunga yang harus kamu bayarkan. 
  • Besaran penghasilanmu
    Prediksi sendiri berapa angsuranmu per bulan. Agar lebih mudah, maka lakukan simulasi pinjaman agar kamu tahu kewajibanmu secara detail. Jika sudah, maka ukurlah penghasilanmu. Jangan mengambil pinjaman terlalu besar dengan tenor pendek jika dirasa kamu belum sanggup membayar. 

Pinjaman bunga rendah di KTA online bisa menolong siapa saja. Akan tetapi, Anda pun bisa dirugikan saat Anda kurang bijak dalam menentukan tenor pinjaman. Ingat untuk selalu prioritaskan pinjaman Anda. Dengan begitu, Anda akan jauh dari resiko kredit macet yang bisa merugikan Anda di kemudian hari.

 

PERHATIAN

Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi merupakan kesepakatan perdata antara Pemberi Dana dengan Penerima Dana, sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.

·       Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Dana. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas risiko gagal bayar ini.

·       Penyelenggara dengan persetujuan dari masing-masing Pengguna (Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana) mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola dan/atau menggunakan data pribadi Pengguna ("Pemanfaatan Data") pada atau di dalam benda, perangkat elektronik (termasuk smartphone atau telepon seluler), perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), dokumen elektronik, aplikasi atau sistem elektronik milik Pengguna atau yang dikuasai Pengguna, dengan memberitahukan tujuan, batasan dan mekanisme Pemanfaatan Data tersebut kepada Pengguna yang bersangkutan sebelum memperoleh persetujuan yang dimaksud.

·       Pemberi Dana yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pendanaan, disarankan untuk tidak menggunakan layanan FINMAS ini.

·       Penerima Dana harus mempertimbangkan tingkat bunga Dana dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi Dana.

·       Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial.

·       Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum membuat keputusan menjadi Pemberi Dana atau Penerima Dana.

·       Pemerintah yaitu dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan, tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan oleh Pengguna, baik Pemberi Dana maupun Penerima Dana (baik karena kesengajaan atau kelalaian Pengguna) terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan maupun kesepakatan atau perikatan antara Penyelenggara (dalam hal ini adalah “FINMAS”) dengan Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana.

·       Setiap transaksi dan kegiatan pendanaan atau pelaksanaan kesepakatan mengenai pendanaan antara atau yang melibatkan FINMAS, Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana wajib dilakukan melalui escrow account dan virtual account sebagaimana yang diwajibkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10/POJK.05/2022 tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi dan pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap ketentuan tersebut merupakan bukti telah terjadinya pelanggaran hukum oleh FINMAS sehingga FINMAS wajib menanggung ganti rugi yang diderita oleh masing-masing Pengguna sebagai akibat langsung dari pelanggaran hukum tersebut diatas tanpa mengurangi hak Pengguna yang menderita kerugian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.