Cara Bijak Menentukan Tenor Pinjaman Bunga Rendah di KTA Online

Cara Bijak Menentukan Tenor Pinjaman Bunga Rendah di KTA Online

10/03/2021

Pinjaman bunga rendah selalu jadi pilihan banyak orang karena proses dan syaratnya sangat mudah. Hal ini harus Anda barengi dengan pembayaran angsuran yang tepat waktu. Dengan demikian, maka riwayat kredit Anda bisa tetap terjaga dan akan lebih mudah ketika ingin mengajukan pinjaman di kemudian hari.

Salah satu cara agar pembayaran cicilan dan pelunasan lebih mudah adalah menentukan tenor pinjaman dengan bijak. Jangan asal memilih tenor tanpa perhitungan yang cerdas.

Bagaimana Cara Menentukan Tenor Pinjaman di KTA Online?

Sebelumnya, Anda harus pahami dulu apa yang dimaksud dengan tenor. Istilah tersebut digunakan dalam bidang finance baik dalam pengajuan kredit ke bank maupun non bank. 

Tenor sering kali diasosiasikan dengan satuan bulan. Jadi, ketika Anda meminjam di bank atau lembaga non bank, Anda harus menentukan berapa lama lama pinjaman akan diangsur. Anda bisa melunasi pinjaman dalam jangka waktu 6, 12, 18 bulan ataupun lebih tergantung kebijakan lembaga keuangan yang bersangkutan.

Jadi, tenor adalah jangka waktu pinjaman yang telah disepakati debitur dan kreditur. Selama jangka waktu tersebut, Anda harus membayar setoran setiap bulannya.  Dalam menentukan jangka waktu atau tenor ini, maka pertimbangkan beberapa hal, yaitu :

  • Besaran pinjaman
    Angsuran yang kamu bayar merupakan gabungan antara bunga dan juga angsuran pokok. Jadi, Anda bisa menghitung sendiri berapa jumlah cicilan dan angsuran perbulannya.
    Semakin lama Anda mengambil jangka watunya, maka akan semakin kecil nilai angsuran. Namun ingat bahwa selama jangka waktu tersebut, ada bunga yang harus kamu bayarkan. 
  • Besaran penghasilanmu
    Prediksi sendiri berapa angsuranmu per bulan. Agar lebih mudah, maka lakukan simulasi pinjaman agar kamu tahu kewajibanmu secara detail. Jika sudah, maka ukurlah penghasilanmu. Jangan mengambil pinjaman terlalu besar dengan tenor pendek jika dirasa kamu belum sanggup membayar. 

Pinjaman bunga rendah di KTA online bisa menolong siapa saja. Akan tetapi, Anda pun bisa dirugikan saat Anda kurang bijak dalam menentukan tenor pinjaman. Ingat untuk selalu prioritaskan pinjaman Anda. Dengan begitu, Anda akan jauh dari resiko kredit macet yang bisa merugikan Anda di kemudian hari.

 

PERHATIAN