Bebaskan Diri Dari Rentenir | Finmas - Sahabat Finansial Indonesia
Bebaskan Diri Dari Rentenir

Bebaskan Diri Dari Rentenir

21/05/2019
AUTHOR : RAINER MICHAEL EMANUEL

Kata terbaik bagi Anda yang ingin berurusan dengan rentenir adalah 'jangan'. Rentenir merupakan usaha peminjaman yang illegal dan memberikan suku bunga sangat tinggi bagi peminjam, bahkan terkadang mereka menggunakan kekerasan dalam mengancaman untuk menakut-nakuti orang yang tidak bisa membayar pinjaman mereka.  Biasanya target rentenir adalah sebuah keluarga yang memiliki penghasilan rendah atau mereka yang sedang dalam masa kesulitan dan membutuhkan pertolongan finansial secara instan.

Meminjam dari rentenir memiliki resiko dan konsekuensi yang cukup tinggi, contohnya seperti keluarga / orang yang dicintai dapat menderita trauma dan rasa malu yang disebabkan oleh pelecehan rentenir. Lebih baik jangan pernah menjadi penjamin atas pinjaman illegal karena pinjaman tersebut akan berlanjut kepada pelecehan yang dapat memengaruhi ikatan antara keluarga / orang tercinta. Rentenir memberikan suku bunga yang sangat tinggi sehingga menyebabkan peminjam semakin terjerumus ke dalam hutang dan tidak ada jalan keluar.

Rentenir merupakan sebuah usaha peminjaman yang tidak memiliki lisensi dan mereka beroperasi di luar hukum tanpa ijin OJK. Jika Anda memiliki pinjaman dari mereka, Anda akan mengalami masa-masa buruk dalam hidup Anda. Namun, jika Anda sudah terjebak dalam siklus rentenir, Anda sendiri tahu bahwa melarikan diri lebih mudah dikatakan daripada dilakukan.

Berikut adalah tiga langkah sederhana yang dapat Anda ambil jika Anda ingin terbebas dari rentenir:

  • Miliki keinginan yang besar untuk membayar hutang Anda sampai nominal terakhir yang Anda miliki. Mungkin Anda membutuhkan waktu lebih lama dari yang Anda inginkan, tetapi ini merupakan langkah pertama Anda sampai pada akhirnya Anda akan mendapatkan kembali kebebasan Anda. Setelah Anda selesai dengan hutang, maka Anda tidak lagi memiliki kewajiban finansial.
  • Temukan cara mengatasi keuangan yang lebih baik dibandingkan dengan meminjam kepada rentenir. Alasan terbesar orang terus meminjam kepada rentenir adalah kemudahan meminjam uang yang mereka butuhkan. Meskipun terlihat mudah dalam meminjam, tetapi memiliki pengembalian yang mahal dan terkadang berbahaya. Anda harus menemukan cara yang lebih baik untuk mendapatkan uang yang Anda butuhkan, seperti melalui pinjaman pribadi, kartu kredit, atau pinjaman dari anggota keluarga.
  • Sadarilah berapa banyak biaya yang harus Anda keluarkan setiap bulannya. Pernahkah Anda pernah benar-benar memikirkan berapa biaya/harga yang akan Anda keluarkan ketika melakukan pinjaman dengan rentenir? Anda perlu merincikan setiap jumlah dan tingkat bunga yang akan Anda bayarkan, sehingga akhirnya Anda mungkin akan menyadari bahwa ini bukan sesuatu yang dapat Anda tangani di masa depan.

Jika Anda memang membutuhkan pinjaman, pergilah ke pemberi pinjaman yang memiliki lisensi dan ijin dari pemerintah dan OJK. Pemberi pinjaman yang berlisensi selalu memiliki pertimbangan untuk memberikan pinjaman kepada Anda jika penghasilan Anda rendah, credit story Anda buruk atau Anda hanya perlu sedikit pinjaman untuk sementara waktu.