6 Sumber Pinjaman Cepat Alternatif Pinjaman Online

6 Sumber Pinjaman Cepat Alternatif Pinjaman Online

03/01/2022

Tidak jarang Anda membutuhkan dana tambahan di kala kebutuhan hidup meningkat. Jika Anda memiliki tabungan cadangan, maka itu bisa Anda manfaatkan untuk menutupi kekurangan dana. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki dana cadangan. Maka dari itu, tak jarang mereka beralih ke pinjaman online cepat cair.

Artikel ini akan menjelaskan beberapa sumber pendanaan yang bisa Anda kunjungi untuk mencari pinjaman dana—terlepas untuk keperluan usaha ataupun untuk keperluan pribadi. Yuk, simak ulasannya!

Sumber-sumber Pinjaman Cepat : Bukan Cuma Pinjaman Online!

Meski saat ini begitu banyak jasa keuangan yang menyediakan pinjaman dana secara online, masih ada, kok, tempat-tempat yang bisa Anda kunjungi secara langsung untuk meminjam uang. Tempat-tempat apa saja yang dimaksud?

  1. Kerabat atau teman

Sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman online cepat cair, sebaiknya Anda mencari bantuan terlebih dahulu ke saudara atau teman Anda. Baik kerabat atau teman bisa menjadi opsi pertama yang Anda cari apabila Anda butuh dana cepat. Akan tetapi, Anda perlu tahu bahwa tidak semua kerabat/teman bisa Anda jadikan pemberi pinjaman. Pastikan terlebih dahulu bahwa orang tersebut masih memiliki uang dingin untuk dipinjamkan kepada Anda.

  1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Produk financing yang satu ini dapat Anda jumpai tidak hanya di bank saja, tetapi juga di banyak perusahaan fintech yang akhir-akhir ini banyak memunculkan pinjaman online cepat cair. Hal utama yang perlu Anda pertimbangkan sebelum meminjam dana dari sumber pinjaman yang satu ini adalah suku bunganya yang relatif lebih tinggi daripada kredit dengan agunan.

Sekadar info, bunga untuk pinjaman bank biasanya mencapai 12-14% per tahun. Nah, dengan KTA, bunga pinjaman biasanya makin tinggi, sebab tidak ada barang yang bisa menjadi agunan.

  1. Kredit Multiguna

Jenis pinjaman yang satu ini menggunakan agunan/jaminan, hanya saja penggunaan dana pada kredit ini bisa diperuntukkan untuk berbagai macam hal (tidak harus untuk modal usaha). Nah, aset yang bisa diajukan sebagai jaminan pun beragam jenisnya; namun yang umum digunakan adalah sertifikat rumah dan BPKB.

  1. Koperasi Simpan Pinjam

Untuk memperoleh pinjaman, Anda harus menjadi anggota koperasi tersebut. Hal ini berarti Anda perlu membayar sejumlah uang modal dan keanggotaan terlebih dahulu sebelum bisa meminjam dana dari koperasi.

  1. Pegadaian

Anda juga bisa meminjam dana dari badan usaha pelat merah ini, lho! Caranya adalah dengan membawa barang berharga yang Anda miliki—misalnya emas, barang elektronik, sertifikat kepemilikan rumah, atau kendaraan bermotor.

Nilai pinjaman yang bisa Anda peroleh adalah sesuai dengan nilai barang yang ditaksir oleh petugas taksir di Pegadaian. Dengan Pegadaian, Anda bisa memperoleh pinjaman dana mulai dari Rp50 ribu hingga lebih dari Rp500 juta. Tentu saja ada suku bunga yang berlaku, yaitu 0,75% tiap 15 hari.

  1. Pegadaian Syariah

Sistem pinjaman di Pegadaian Syariah sebenarnya mirip dengan di Pegadaian konvensional. Hanya saja, Pegadaian Syariah tidak menerapkan suku bunga tertentu. Sebagai gantinya, peminjam dana wajib membayar biaya sewa gudang serta pemeliharaan barang yang digadaikan.

Nah, ternyata pinjaman uang bisa Anda peroleh tidak hanya dari jenis pinjaman online cepat cair saja, bukan? Kira-kira, jenis jasa keuangan yang mana yang akan Anda pilih?

PERHATIAN