5 Sebab Industri Fintech Berkembang Pesat di Indonesia

5 Sebab Industri Fintech Berkembang Pesat di Indonesia

23/01/2022

Teknologi digital yang semakin berkembang pesat membawa dampak yang signifikan pada seluruh aspek kehidupan. Salah satunya adalah pada aspek keuangan. Perkembangan fintech sebagai salah satu jenis layanan start-up begitu memberikan dampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Apa Itu Financial Technology?

FinTech merupakan jenis jasa pelayanan yang ditawarkan oleh perusahaan start-up kepada semua jenis kalangan masyarakat yang memiliki keinginan untuk menggunakan layanan keuangan secara efisien, praktis, mudah, dan biaya rendah.

Terbukti bahwa saat ini hampir semua orang menggunakan jasa layanan teknologi keuangan digital untuk kegiatan ekonomi sehari-hari. Apalagi di zaman pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, ketika transaksi keuangan secara langsung dengan penggunaan uang tunai lebih dibatasi.

Hal ini bisa terlihat di berbagai pusat perbelanjaan. Orang akan lebih diarahkan melakukan pembayaran melalui transfer atau dompet digital sebagai salah satu fitur layanan teknologi keuangan ini.

Tidak hanya dalam transaksi jual beli, fintech juga hadir dengan jenis-jenis seperti microfinancing dan peer to peer lending service yang dapat membantu keuangan masyarakat yang sebelumnya tidak memiliki akses pada perbankan. Lalu, apa yang menyebabkan perkembangan fintech begitu pesat di Indonesia?

Menjangkau Seluruh Kalangan

Tidak dimungkiri, teknologi memberikan bantuan terkait akses finansial kepada masyarakat yang sebelumnya tidak memiliki akses di perbankan. Adanya persyaratan yang banyak dan menyulitkan membuat masyarakat kalangan bawah tidak bisa menikmati layanan keuangan ini.

Hadirnya microfinancing yang memberikan kesempatan layanan keuangan kepada masyarakat menengah ke bawah dengan memberikan pinjaman modal usaha pada peminjam guna mengembangkan usaha dalam skala kecil.

Selain adanya bantuan untuk modal usaha, fintech juga memberikan layanan peer to peer lending service, yaitu kegiatan meminjamkan uang kepada masyarakat yang membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan hidup tanpa melalui proses rumit yang sering ditemui di bank.  Salah satu perusahaan start-up yang bergerak di bidang pinjaman online P2P adalah Finmas yang sudah mengantongi izin dari OJK sehingga dipastikan aman.

Praktis, Efisien, dan Fleksibel

Dengan perkembangan fintech yang begitu pesat ini membuat transaksi keuangan menjadi semakin praktis, efisien, dan juga fleksibel yang disukai masyarakat. Bagi yang menyukai belanja online pasti sudah sangat akrab dengan berbagai jenis dompet digital. Semua transaksi pembelian langsung terjadi dalam waktu beberapa detik saja tanpa adanya transaksi tunai tatap muka.

Platform untuk Berdonasi dengan Mudah

Penyebab mengapa perkembangan fintech begitu cepat di Indonesia salah satunya adalah karena adanya jenis layanan crowdfunding  yang memungkinkan masyarakat berdonasi lebih mudah dan praktis.

Masyarakat Indonesia cenderung memiliki jiwa sosial yang tinggi dan tidak segan untuk membantu orang lain yang kesusahan. Adanya aplikasi perusahaan start-up yang menyediakan layanan donasi dengan praktis ini tentu juga menjadi penyebab pesatnya perkembangan fintech.

Terjamin Keamanannya

Walaupun semua serba digital dan cepat, fintech sudah terjamin keamanannya sehingga konsumen tidak perlu khawatir data pribadi akan tersebar ke mana-mana. Adanya metode keamanan yang terenkripsi akan menjamin data pelanggan tetap aman. Selain itu, sudah banyak perusahaan fintech yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan sehingga konsumen tidak perlu merasa resah dan takut bertransaksi secara ilegal.

Perkembangan fintech di Indonesia memang memiliki beragam manfaat berupa kemudahan yang sangat patut untuk disyukuri. Namun, pihak pengguna juga harus memiliki batasan agar diri dan kehidupan tidak semakin terkontrol oleh teknologi.

PERHATIAN