5 Kondisi yang Sebaiknya Anda Hindari Saat Melakukan Pinjaman non Bank

5 Kondisi yang Sebaiknya Anda Hindari Saat Melakukan Pinjaman non Bank

09/04/2021

Pinjaman tanpa jaminan non bank tidaklah untuk semua orang. Ada kondisi dimana Anda sebaiknya menghindari pengajuan pinjaman. Hal ini sangat penting untuk dicatat bagi semua orang.

Pinjaman non bank sendiri kini semakin beragam. Salah satunya alah pinjaman online yang diselenggarakan oleh fintech. Akses dan syaratnya mudah. Namun sebelum mengajukan permohonan pinjaman, lihat dulu kondisi Anda.

Sebaiknya Tidak Ajukan Pinjaman Tanpa Jaminan Non Bank Pada Kondisi Ini

Kondisi finansial semua orang tentu tidaklah sama. Agar terhindar dari depresi akibat tekanan hutang yang tinggi, maka jangan ajukan pinjaman pada kondisi seperti di bawah  ini :

  • Memiliki aset untuk dijual = Jika ada aset yang bisa dijual sebaiknya hindari berhutang. Hal ini dikarenakan ada bunga dan biaya-biaya lain yang wajib dibayarkan.
  • Sedang sakit dan tidak produktif = Cicilan perbulan hukumnya wajib dibayarkan atau sesuai dengan waktu tenor yang disepakati. Jika dalam kondisi tidak produktif, hindari hutang karena akan meningkatkan resiko kredit macet yang merugikan.
  • Memiliki hutang dan kredit macet di tempat lain = Hindari gali lubang tutup lubang. Sebisa mungkin lunasi hutang di satu tempat dulu baru kemudian berhutang kembali jika kekurangan dana. Saat hal ini tidak dihiraukan maka yang akan terjadi adalah Anda kesulitan membayar, seperti halnya nasabah yang sudah terlanjur memiliki hutang di lebih dari satu hingga puluhan pinjol.
  • Gaji tidak cukup untuk membayar angsuran = Simulasi pinjaman sangat penting dalam hal ini. Jangan abaikan tahapan ini untuk memastikan gaji dan penghasilan   cukup untuk pembayaran cicilan.
  • Suka menunda cicilan = Menunda bisa menjadi kebiasaan. Jangan terapkan kebiasaan ini dalam pembayaran cicilan yang sifatnya wajib. Selain menimbulkan biaya tambahan berupa denda, Anda akan mengalami tekanan akibat hal tersebut.

Pinjaman fintech maupun pinjaman tanpa jaminan non bank lainnya memang sangat mudah diakses. Namun bukan berarti Anda bisa memakainya tanpa perhitungan dan pertimbanga. 

Pinjamlah dana secara bijak yang tidak akan merugikan diri sendiri maupun pihak pemberi pinjaman. Fintech resmi selalu hadir untuk membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan finansial dan memilinalisir setiap resiko yang ada.

PERHATIAN