Faq

  • Apakah saya bisa membatalkan pengajuan pinjaman?

    Calon Penerima Pinjaman dapat membatalkan permohonan pengajuan Pinjaman melalui Sahabat FINMAS di cs@finmas.co.id dan telepon 021-2789 9666 sepanjang proses verifikasi kelengkapan syarat belum selesai dan pengajuan pinjaman belum disetujui.

  • Kapan saya menerima perjanjian pinjam-meminjam?

    FINMAS akan mengirimkan penjanjian pinjam-meminjam secara elektronik ke email penerima pinjaman dan setiap saat dapat di akses oleh penerima pinjaman melalui aplikasi FINMAS pada bagian Tentang Finmas.

  • Apa yang terjadi jika saya terlambat melakukan pembayaran atas pinjaman di FINMAS?

    Anda akan diwajibkan untuk melakukan pembayaran atas Biaya Denda Keterlambatan Pembayaran yang akan berlaku sejak hari ke-4 setelah Tanggal Jatuh Tempo beserta Bunga Denda Keterlambatan Pembayaran Bulanan atau Harian dan biaya-biaya lainnya. Bunga Denda Keterlambatan Pembayaran Bulanan atau Harian, yang kemudian akan ditambahkan dengan jumlah Pinjaman secara kumulatif, dihitung dengan cara sebagai berikut:

    • Untuk Pinjaman Jangka Panjang, Bunga Denda Keterlambatan Pembayaran bulanan akan dihitung dengan cara tingkat Bunga Denda Keterlambatan Pembayaran dikalikan dengan jumlah amortisasi pembayaran angsuran dengan jumlah bulan keterlambatan pembayaran;
    • Untuk Pinjaman Kilat atau Jangka Pendek, Bunga Denda Keterlambatan Pembayaran harian akan dihitung dengan cara tingkat Bunga Denda Keterlambatan Pembayaran dikalikan dengan jumlah Dana Pinjaman dan jumlah hari keterlambatan pembayaran

  • Apa itu FINMAS?

    FINMAS adalah aplikasi handphone yang menawarkan layanan keuangan yang aman bagi warga Indonesia – kapan saja, di mana saja, dan selalu berkomitmen untuk menyediakan solusi untuk memberikan kebebasan finansial di ujung jari seluruh warga Indonesia. FINMAS adalah bagian dari PT. Oriente Mas Sejahtera, sebuah peer-to-peer lending platform di industri fintech, terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) (S-56/NB.213/2018).

  • Siapa saja yang dapat menggunakan FINMAS?

    Seluruh warga negara Indonesia yang berusia 18+, bekerja atau memiliki pendapatan tetap, dan memiliki KTP.

  • Bagaimana cara mengajukan pinjaman di FINMAS?

    Mengajukan pinjaman dengan FINMAS hanya membutuhkan beberapa menit dan langkah yang mudah.
    1. Unduh aplikasi dan daftar dengan nomor handphone Anda.
    2. Lengkapi semua data (pribadi, info pekerjaan, nomor rekening) dan verifikasi KTP.
    3. Pilih jumlah pinjaman yang Anda inginkan dan ketentuan pembayaran, kemudian ajukan.
    4. Silakan tunggu hingga konfirmasi diterima.

  • Jika saya melakukan pembayaran lebih awal, apakah saya akan mendapat pengurangan atas bunga ataupun denda pembayaran lebih awal?

    Denda pembayaran lebih awal dapat berlaku sebagaimana diatur didalam Perjanjian Pinjam Meminjam dan bunga atas Pinjaman akan berlaku penuh sampai dengan tanggal jatuh tempo.

  • Apa saja persyaratan mengajukan pinjaman di FINMAS?

    Untuk mengajukan pinjaman di FINMAS, Anda cukup menyediakan:
    1. KTP
    2. Informasi pribadi dan pekerjaan
    3. Rekening bank

  • Apakah data pribadi yang saya isikan akan dijamin kerahasiaannya?

    Keamanan dan kerahasiaan Anda sangat penting bagi kami. Prioritas FINMAS adalah untuk memberikan tingkat keamanan yang tinggi dan memberi kepercayaan kepada Anda bahwa informasi Anda aman dan hanya dapat diakses ketika Anda membutuhkannya. Silakan melihat kebijakan privasi kami untuk informasi lebih detail.

  • Berapa lama pinjaman yang tersedia di FINMAS?

    Saat ini Anda dapat memilih tenor antara 14 dan 30 hari sesuai dengan ketentuan pembayaran yang Anda inginkan dengan FINMAS. Kami akan menyediakan lebih banyak opsi untuk masa datang.

  • Seberapa cepat pengajuan pinjaman saya akan diproses di FINMAS?

    Pengajuan dana bisa diproses hanya dalam waktu beberapa menit. Waktu proses dapat berubah-ubah sesuai dengan kelengkapan dan seberapa akurat data dan informasi Anda.

  • Seberapa cepat saya akan mendapatkan dana pinjaman FINMAS?

    Setelah disetujui, FINMAS akan mentransfer dana ke rekening Anda secepatnya selama 24 jam. Dana akan ditransfer ke rekening Anda sesuai dengan proses dan ketentuan bank pilihan Anda. Sahabat FINMAS akan memberitahu Anda via email dan SMS saat pinjaman telah disetujui dan diberikan.

  • Bagaimana saya mendapatkan dana pinjaman FINMAS?

    FINMAS akan mengirim dana pinjaman ke rekening bank yang Anda masukkan ketika pendaftaran akun FINMAS.

  • Bagaimana cara melakukan pembayaran atas pinjaman saya di FINMAS?

    FINMAS menyediakan Virtual Account untuk mempermudah pembayaran pinjaman. Pembayaran ke Virtual Account dapat dilakukan secara online dan realtime melalui Internet Banking, ATM, Mobile Banking, maupun Teller Bank.

  • Apa itu rekening virtual (virtual account)?

    Rekening virtual adalah rekening yang dapat membantu mempercepat proses pembayaran Anda ke FINMAS. Setelah mendaftar di FINMAS, Anda akan mendapatkan rekening virtual Sinarmas. Jika Anda memiliki rekening selain Sinarmas, Anda dapat melakukan pembayaran ke rekening virtual Sinarmas melalui Internet Banking bank lainnya atau melalui ATM berlogo ATM Bersama/PRIMA/ALTO.

  • Apakah saya dapat menunda pembayaran atas pinjaman saya di FINMAS?

    Tidak. Segala bentuk keterlambatan akan dikenakan denda sesuai dengan ketentuan antara peminjam dan FINMAS.

  • Saya membutuhkan bantuan, bagaimana cara saya menghubungi FINMAS?

    Jika Anda membutuhkan bantuan, Anda dapat menghubungi Sahabat FINMAS di cs@finmas.co.id dan telepon 021 - 2789 9666.

  • Saya melakukan pembayaran dengan jumlah yang salah, apa yang harus saya lakukan?

    Anda dapat menghubungi Layanan FINMAS di nomor 021 - 2789 9666 atau mengirimkan email ke cs@finmas.co.id. Agar kami dapat membantu Anda secara optimal, mohon sertakan nomor pinjaman Anda dan juga lampirkan foto yang berkaitan dengan transaksi pembayaran Anda.

  • Risiko dan hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum menggunakan layanan FINMAS?

    Bagi Pemberi Pinjaman: 1. Keputusan pendanaan sepenuhnya berada pada Pemberi Pinjaman, oleh sebab itu Pemberi Pinjaman disarankan untuk lebih mencermati dengan teliti sebelum memutuskan untuk melakukan pendanaan.
    2. Risiko kredit atau gagal bayar oleh Penerima Pinjaman ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Pinjaman.

    Bagi Penerima Pinjaman: 1. Pikirkan dengan cermat kemampuan untuk membayar pinjaman sebelum mengajukan peminjaman dana.
    2. Apabila terjadi gagal bayar oleh Penerima Pinjaman, maka Penerima Pinjaman dapat dimungkinkan untuk dilaporkan kepada pihak otoritas berwenang dan akan berdampak pada reputasi Penerima Pinjaman.
    3. Apabila Penerima Pinjaman memberikan informasi yang tidak benar, menyesatkan atau menipu, maka FINMAS berhak untuk tidak meluluskan pengajuan peminjaman dana.

Dapatkan Pinjaman Sekarang Juga

Unduh aplikasi FINMAS di handphone Android Anda sekarang juga dan bergabunglah dengan ribuan orang Indonesia lainnya yang telah menggunakan FINMAS untuk membangun masa depan keuangan mereka.

Google Play App Store